Panorama Cikondang Cimanggu Sukabumi Sepi Pengunjung

Gerbang masuk lokasi wisata Embung Cikondang Desa/Kecamatan Cimanggu Sukabumi.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Objek wisata Panorama Cikondang Kecamatan Cimanggu Kabupaten Sukabumi sepi pengunjung. Padahal biasanya menjelang bulan puasa (Ramadhan) minat pengunjung yang datang ke spot wisata tersebut selalu ramai.

Kedatangan para pengunjung baik untuk ber swapoto atau laksanakan tradisi ‘Papajar’ makan bersama di luar rumah atau tempat wisata setiap menjelang ramadhan.

Warung makanan banyak yang tutup dan teras warung tempat lesehan terlihat kotor berdebu. Beberapa fasilitas penunjang seperti bangku taman dan gazebo nampak ada yang tertimpa batang pohon patah, seperti dibiarkan.

Spot wisata yang terletak di Kampung Cikondang Desa/Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi saat ini seperti kehilangan daya pikatnya.

Baca juga:  Posko 11 Bina Marga Beri Pelayanan Prima Wisatawan Jalur Selatan

Panorama Cikondang memang belum setenar Ujunggenteng atau Puncak Darma Ciletuh. Tapi jika Karang Taruna dan Kelompok Penggerak Wisata ( Kompepar ) yang selama ini mengelola tempat wisata tersebut terus berinovasi dan berpromosi gencar, Panorama Cikondang pasti naik pamor. Pengelola seolah lesu darah.

Surutnya jumlah pelancong ke objek wisata Panorama Cikondang dibantah Hasanah (52), perempuan pemilik warung samping tolgate. Katanya, tidak adanya pengunjung bukan lantaran Panorama Cikondang pudar pamor, tapi karena daya beli masyarakat saat ini melemah juga karena musim penghujan, benturan dengan pekerjaan bertani alasannya.

Baca juga:  Balawista Sukabumi Selamatkan Tujuh Wisatawan Nyaris Hilang Terseret Ombak

“Hari ini memang belum ada pengunjung yang masuk, bukan tidak diminati hanya saja sekarang kan musim ke sawah,” kata Hasanah  kepada awak media, Minggu (10/3/24).

Berada di kawasan pedesaan, spot wisata ini menyajikan paket kumplit, ada wisata air terjun, panjat tebing, swapoto dan “Saung Paniisan”, semua bisa memanjakan pengunjungnya.

Dari ketinggian puluhan meter pengunjung bisa melihat langsung aliran sungai Ciseureuh dan Sungai Cisuru, diapit bukit dengan susunan sawah terasiring yang mempesona membuat pengunjung betah berlama lama disana.

Ditunjang lahan parkir yang memadai dan harga tiket masuk yang murah, juga terbukanya akses jalan ke lokasi yang lumayan bagus, ini menjadi modal bagi pengelola untuk terus berinovasi melambungkan pamor Panorama Cikondang.

Baca juga:  Sejarah Baru Touring Ngabumi Wisata Sukabumi Jilid 2, Hadirkan Ikan Bakar Terpanjang

Menuju objek wisata Panorama Cikondang tidak sulit. Dari samping minimarket Alfa Cimanggu ada jalan kecil beraspal itu akses menuju objek wisata Panorama Cikondang.

Serius dan profesional itu kuncinya dalam mengelola sebuah Daerah Tujuan Wisata ( DTW ). Awal kehadirannya spot wisata milik Pemdes Cimanggu ini menyita banyak publik. Tapi sayang kemunculannya bak meteor, mencuat lalu menukik. Seperti ada kelesuan pengelola dalam menawarkan dan menjual Panorama Cikondang.

Pos terkait