Musdes Desa Hegarmanah dilaksanakan Senin (15/11/2021). [Foto: Aris Ram]

Pemdes Hegarmanah Gelar Musdes, Ini Pencapaian Pembangunan Anggaran Tahun 2021

KABUPATEN SUKABUMI

LINGKARPENA.ID – Pemerintah desa (Pemdes) Hegarmanah melakukan musyawarah desa (Musdes) tahunan yang digelar di Aula Kantor Desa Hegarmanah Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi, Senin (15/11/2021)

Musdes dihadiri unsur Kecamatan yang diwakili Sekcam Ridwan Agus Mulyana, Bhabinkamtibmas dan unsur dan para tokoh stakeholder Desa Hegarmanah.

Kepala Desa Hegarmanah Rana Aprilana Darmawan menjelaskan, terdapat capaian pembangunan di tahun 2021 ini. Diantaranya pembangunan Posyandu yang ada di Dusun Ancaen RT 01/01.

Selain Posyandu, pembanguan Jalan Sirnagalih, yang merupakan Jalan lingkungan. Sementara pengerasan Jalan Cikupa dengan volume panjang 400 x 2 meter, TPT sayap jembatan Kampung Cibungur, serta Pos keamanan Desa di 06 RW.

Baca juga:  Pemdes Puncakmanggis Cairkan BLT DD Tahap 8, Ini Syarat untuk KPM

“Alhamdulillah walaupun di masa pandemi pemerintahan desa Hegarmanah masih dapat bisa melaksanakan pembangunan di tahun 2021 ini,” jelas Rana, kepada awak media.

Ditambahkan Rana, pembangunan juga terjadi di lintas sektoral antaran lain Posyandu di Kampung Muara, Pengaspalan di Ancaen dan legok Bitung, Cimanggu, drainase di Kampung Cibali dan Kampung Ancaen. Adapun sumber anggaran yang berasal dari Bantuan Provinsi (Banprov) kurang lebih 67 juta pada tahun 2021.

“Pembangunan juga terjadi pada lintas sektoral. Hingga sumber dana yang berasal dari Bantuan Provinsi (Banprov) kurang lebih 67 juta tahun 2021 ini,” tambahnya.

Baca juga:  Sungai Cikaso Meluap, Rumah dan Lahan Pertanian Warga Datarnangka Sagaranten Hancur

Sementara itu, perwakilan pemerintahan Kecamatan Sagaranten Ridwan Agus Mulyawan, menambahkan untuk anggaran lintas sektoral disarankan tidak di fokuskan dalam satu program dalam penentuan skala prioritas. Namun semua bersifat relatif, dimana pasti kebutuhan tiap dusun berbeda-beda. Ini adalah bagian tugas bersama yang ada di musyawarah desa sebagai penyelarasan pemahaman.

“Disarankan agar anggaran tidak di fokuskan pada satu hal saja, tentunya ini disesuaikan dengan skala prioritas di masing-masing wilayah kedusunan. Dalam musyawarah desa ini sebagai penyelarasan pemahaman sebagai tugas bersama,” ungkap Ridwan.

Ketua BPD Desa Hegarmanah Hermawan juga menuturkan, sangat berterimakasih atas kerja keras serta pencapaian pembangunan oleh pemerintahan Desa Hegarmanah ini. Sebagai mitra desa ia sangat mengapresiasi harmonisasi yang terjalin cukup sinergis di tiap lapisan.

Baca juga:  Pemuda Pancasila Ranting Datarnangka Sagaranten, Galang Donasi Bantu Korban Kebakaran

Sinergitas dibangun mulai dari LPM, Karang Taruna, Kadus hingga kepada jajaran masyarakat yang senantiasa bekerjasama sebagai wujud kebersamaan membangun wilayah Desa Hegarmanah ini.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerja keras pemerintah Desa Hegarmanah dalam melaksanakan pembangunan. BPD sangat mengapresiasi sinergitas pemerintahan desa dengan lembaga-lembaga yang ada dimasyarakat,” tutur Hermawan.

 

 

 

 

Reporter: Aris Ram

Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan