Pemkot Sukabumi Cetak Ribuan Calon Pengusaha Muda Melalui “Sukabumi Kece”

Sesi foto bersama Wali Kota Sukabumi usai membuka pelatihan kewirausahaan gelombang pertama di SMK Negeri 3 Kota Sukabumi, Selasa (16/5/2023.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi mengawali rangkaian pelatihan Sukabumi Kelurahan Enterpreneurship Centre (Sukabumi Kece) yang merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kota Sukabumi.

Pelaksanaan pelatihan Sukabumi Kece angkatan pertama dibuka secara resmi oleh Wali Kota, Achmad Fahmi, pada 16 Mei 2023 di SMK Negeri 3 Kota Sukabumi.

Kepala Bidang Perindustian dan Usaha Mikro Diskumindag Kota Sukabumi, Agus Mulyana, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah Kota Sukabumi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mencetak wirausahawan muda.

Baca juga:  Pemkot Sukabumi Lepas Kontingen ASN ke Jabar

“Pelatihan Sukabumi Kece angkatan pertama diikuti oleh 120 orang peserta dengan materi pelatihan diantaranya tata boga, tata busana dan kerajinan bambu,” tuturnya.

Sementara itu Wali Kota saat membuka jalannya pelatihan mengungkapkan, menurutnya Sukabumi Kece bertujuan untuk membentuk ekosistem wirausaha di Kota Sukabumi dengan targetnya yakni mencetak 1500 orang wirausahawan muda.

Baca juga:  Sebuah Kios di Jalan Pasundan Kota Sukabumi Terbakar

“Generasi muda dibidik menjadi peserta program ini karena berdasarkan data sebanyak 60 persen penduduk Indonesia merupakan generasi muda dan 75 persen diantaranya berminat menjadi wirausahawan serta disisi lain ekonomi digital terus meningkat pesat,” ujar Kang Fahmi.

Oleh karena itu Pemerintah Kota Sukabumi berupaya membekali generasi muda agar mereka memiliki pengetahuan, pola pikir, dan kemampuan sehingga bisa bersaing dalam kewirausahaan.

Baca juga:  Pemkot Sukabumi Rembuk Penurunan Stunting

“Jadi pelatihan Sukabumi Kece tidak terlepas dari target Pemerintah Kota Sukabumi untuk meningkatkan perekonomian terutama pasca terjadinya pandemi covid-9,” terangnya.

Dijelaskan Wali Kota diantara program unggulan Pemda salah satunya adalah menghadirkan wirausahawan baru melalui Sukabumi Kece ini.

“Kami harap setelah dididik, dilatih, didampingi, dibina, maka akan hadir pengusaha baru yang mereka konsisten untuk melakukan percepatan pembangunan ekonomi, khususnya melalui usaha yang meraka lakukan.” pungkasnya.*

Pos terkait