PLN Hadirkan Fitur Catat Meter Kemudahan Bagi Pelanggan, Berikut 5 Tahapannya

Aplikasi PLN Mobile fitur catat meter.| Foto: Istimewa

LINGKARPENA.ID | PT PLN (Persero) memberi kemudahan bagi pelanggan PLN pascabayar untuk mengecek perkiraan tagihan pemakaian listrik setiap bulan.

Lewat fitur Catat Meter secara mandiri yang tersedia di aplikasi PLN Mobile, pelanggan dapat mengetahui perkiraan pemakaian listrik setiap bulannya, sebelum tagihan resmi keluar.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Gregorius Adi Trianto mengatan bahwa pencatatan meter mandiri bisa dilakukan antara tanggal 23 sampai 27 setiap bulannya.

“Melalui fitur Catat Meter, pelanggan pascabayar bisa mengetahui perkiraan tagihan listrik dan mengontrol sendiri pemakaian listrik bulanan. Untuk pencatatan meter mandiri bisa dilakukan antara tanggal 23 sampai 27 setiap bulannya,” kata Gregorius.

Baca juga:  Musrov I SMSI Bali Dibuka Langsung Gubernur Koster

Gregorius menambahkan pelanggan juga tidak perlu khawatir kesulitan melakukan pencatatan meter mandiri melalui fitur tersebut.

Karena, langkah-langkah membaca meter mandiri melalui aplikasi PLN Mobile sangat mudah, berikut tahapannya:

Buka aplikasi PLN Mobile
1.Pilih menu Catat Meter
2.Pilih mulai swacam & foto angka stand meter yang ada di kWh meter
3.Pilih ID Pelanggan
4.Masukan angka stand meter
5.Kirim

Baca juga:  Kata LaNyalla: Undang-Undang Dasar Beri Ruang Capres dari Non Parpol

Gregorius melanjutkan, setelah pelanggan melakukan langkah di atas, maka estimasi biaya tagihan rekening listrik juga akan muncul.
Kemudian, tagihan listrik akan keluar setiap awal bulan berikutnya.

Pembayaran listrik pun bisa dilakukan dengan mudah melalui Aplikasi PLN Mobile.

Selain itu, layanan Catat Meter Mandiri di PLN Mobile ini sudah mengikuti perhitungan yang didasarkan pada 40 jam nyala, baik tarif blok dan rekening minimum sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016.

“Selain bisa mengetahui estimasi tagihan lebih awal. Dengan catat meter mandiri, privasi pelanggan juga lebih terjaga, karena petugas PLN tidak perlu masuk ke halaman rumah untuk melakukan pencatatan meter di kWh meter,” ujar Gregorius.

Baca juga:  Sekda Minta Semua Unsur Bersinergi Berikan Perlindungan Paripurna Kepada Anak

Gregorius berharap, hadirnya berbagai fitur PLN Mobile dapat memudahkan pelanggan bisa mengakses seluruh layanan tanpa perlu lagi ke kantor PLN.

Mulai dari melakukan transaksi kelistrikan, seperti pasang baru, tambah daya, bayar tagihan, sampai baca meter mandiri.

“Pelanggan PLN yang belum memiliki aplikasi PLN Mobile bisa mengunduhnya di AppStore maupun PlayStore secara gratis,” pungkas Gregorius.**

Pos terkait