Polres Sukabumi Rilis Lonjakan Wisatawan Nataru

Kondisi wisatawan di pantai Palabuhanratu Sukabumi | Foto: Istimewa /net

LINGKARPENA.ID | Libur Natal tahun 2023 menyaksikan lonjakan pesat wisatawan di sejumlah pantai Kabupaten Sukabumi.

Menurut Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede, sebanyak 28.896 wisatawan membanjiri Pantai Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp) selama 5 hari, mencapai puncak pada Minggu, 24 Desember, dengan lebih dari 11 ribu pengunjung.

Menurut Kasatpol Airud, AKP Tenda Sukendar, pantai-pantai seperti Karanghawu, Kebon Kalapa Cisolok, Citepus RTH, Citepus Istana Presiden, Istqomah, Kebon Kalapa Citepus, Karangnaya, dan Batu Bintang menjadi daya tarik utama.

Baca juga:  Tok! Ajang Seni Ketangkasan Adu Domba Garut Piala Dandim Cup 2022 di Sukabumi, Resmi di Tutup

“Wilayah selatan, khususnya Ujung Genteng Pasir Putih, paling ramai dikunjungi,” ungkapmya.

Dalam operasi lilin lodaya 2023 ini, baru selama 5 hari, tidak hanya sukses menangani lonjakan wisatawan, tim gabungan Satpol Airud, Balawista, Basarnas, Sarda, BPBD, Pramuka, dan unsur terkait lainnya juga menjaga keamanan dan kondusivitas kawasan pantai.

Meskipun terdapat tiga kecelakaan laut, tindakan cepat dan kesigapan lifeguard gabungan mencegah adanya korban jiwa.

Baca juga:  Polres Sukabumi Ungkap Pelaku Pencurian Motor dengan Kekerasan

“Tidak ada wisatawan yang hilang atau tenggelam selama operasi lilin ini. Kejadian kecelakaan laut berhasil diatasi di Cisolok Pantai Kapitol, Karanghawu, dan Kebon Kalapa,” jelasnya.

Kesuksesan operasi ini, kata Tenda tidak lepas dari sinergi unsur kemaritiman dan lifeguard gabungan yang sigap. Dengan statistik kunjungan yang mengesankan dan keberhasilan operasi keselamatan, Pantai Ciletuh Palabuhanratu semakin menarik perhatian sebagai destinasi liburan unggulan.

Baca juga:  Enam dari 7 Komplotan Pencuri Moge Dibekuk Kepolisian Sukabumi

“Dalam menciptakan potensi positif untuk perkembangan pariwisata Kabupaten Sukabumi kami lakukan tindakan preventif, preentif dan represif,” tandasnya.

Pos terkait