Pria Spesial Tipu Gelap Kendaraan Dibekuk Polisi di Jampangkulon Sukabumi

Terduga pelaku tindak pidana penipuandan penggelapan kedaraan jenis roda dua yang berhasil diamankan reskrim Polsek Jampangkulon Polres Sukabumi.| Foto: Istimewa

LINGKARPENA.ID | Jajaran kepolisian Polsek Jampang Kulon, Polres Sukabumi berhasil mengamankan seorang pria berusia 26 tahun berinisial RA alias Bajay yang diduga terlibat tindak pidana penipuan dan atau penggelapan.

Iptu Mukhlis, Kapolsek Jampang Kulon menyatakan, sebelum dilakukan penangkapan terhadap terduga pelaku pihaknya awalnya menerima laporan dari masyarakat pada hari Senin, tanggal 14 Januari 2024 sekitar pukul 13.00 WIB.

Berdasarkan laporan bahwa diduga RA, telah melakukan kejahatan tersebut dengan cara melakukan penipuan satu unit sepeda motor Honda Beat warna putih.

Baca juga:  Perempuan Anggota Geng Motor Terjaring Razia Polisi di Sukabumi

Modus operandi yang digunakan terduga pelaku adalah berpura-pura meminjam sepeda motor dari korban untuk digunakan ke warung namun pelaku tidak mengembalikan motor tersebut.

Setelah mendapat laporan, jajaran kepolisian melaksanakan penyelidikan hingga Senin, 15 Januari 2024 sekitar pukul 16.00 WIB unit Reserse Kriminal (Reskrim) berhasil memancing terduga pelaku bersama warga.

“Selanjutnya, RA dilakukan penangkapan pada Selasa, tanggal 16 Januari 2024,” ungkapnya.

Baca juga:  Empat Perwira Polres Sukabumi Purna Tugas

Dalam penangkapan tersebut, dari tangan terduga pelaku juga turut diamankan satu unit sepeda motor Honda Beat warna putih dan satu lembar STNK sepeda motor Honda Beat.

Hasil pemeriksaan sementara yang dilakukan oleh unit reskrim menyatakan, terduga pelaku mengakui telah melakukan tindakan serupa yakni mencuri satu unit sepeda motor beat palang warna putih dan satu unit vario 150 warna hitam di Kecamatan Palabuhanratu.

Kemudian ia membawa kabur satu unit sepeda motor supra warna hitam di Kecamatan Ciemas dan melakukan pencurian dengan kekerasan serta membawa uang sebesar Rp400 ribu di Kecamatan Ciemas.

Baca juga:  Wabup Potong Tumpeng Paripurna Milangkala ke 153 Kabupaten Sukabumi

Terhadap terduga pelaku, saat ini tengah menjalani pemeriksaan lebih lanjut dan diancam Pasal 378 dan/atau 372 KUHPidana dengan hukuman penjara paling lama selama 4 tahun.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap segala kejahatan dan segera melaporkan kejadian yang mencurigakan kepada pihak yang berwenang,” tandasnya.

Pos terkait