Satu Jam Bersama Chandra Alim, Mantan Pembalap Nasional Era 80 an

FOTO: Inilah sosok Chandra Alim, mantan pembalap Nasional era 80 an.| dok. Jajang S

LINGKARPENA.ID | Pada gelaran Legend Riders tour of Java 2024, kegiatan touring yang pesertanya rata rata berusia sepuh, lingkarpena.id membidik salah seorang peserta yang nampak sepuh. Namun, masih kelihatan energic, dia adalah Chandra Alim.

Sosok Chandra Alim memang sudah sangat terdengar malang melintang di era balap mobil tahun 80-an.
Ia adalah salah satu senior yang pernah menyicipi kerasnya sirkuit Ancol kala ia pertama kali terjun di ajang balap mobil dengan membesut Subaru Rex 358 di kelas 360 cc yang bertepatan dengan ulang tahun DKI Jakarta tahun 1975.

Baca juga:  Ini Pengalaman Mistis Bripka Erwin Wahidi saat Bertugas

Chandra Alim mulai ‘kecanduan’ untuk berkiprah di ajang balap dan di bulan berikutnya, ia berlomba dengan Datsun 160J milik orang tuanya yang biasa dipakai buat antar sekolah.

Balap mobil tak lagi sekadar menjadi hobi lagi bagi Chandra Alim di akhir 80-an dan setelah sirkuit Sentul selesai dibangun pada tahun 93.

Sepanjang kariernya, mantan pembalap yang juga ayah dari Muhamad Tirta Chandra, Pegokart nasional, ini selalu memakai nomor 33 setiap kali ikut balapan. Nomor tersebut seolah keramat bagi Chandra.

Obrolan lingkarpena.id dengan mantan pembalap kelahiran 10 Maret 1957 ini kian seru ketika ia bercerita tentang awal kariernya di dunia balap.

Baca juga:  Mengenal Sosok Aipda Ferdianto Dibalik Profesinya

Cerita dia, lantaran ingin benar benar terjun di dunia balapan, diakuinya ia getol latihan dan balapan menjadi keseharian Chandra Alim di akhir pekan yang tak pernah lepas dari balap mobil, bensin, kebisingan sirkuit, dan pindah-pindah kota bahkan negara setiap bulannya.

Terlebih saat pria kelahiran 10 Maret 1957 itu mulai ikut ajang Formula Asia.

Bisa dibilang spesifikasinya saat itu mirip dengan F3 Eropa ia keluar sebagai juara umumnya pada musim 1998.

“Menurut saya tahun 90-an itu sebagai puncaknya kejayaan ajang balap di Indonesia, karena saya merasa ramai sekali dengan ajang balap,” kenang Chalim sapaannya.

Baca juga:  Jagal Asal Cibadak Kebanjiran Job di Momentum Idul Adha 1443 H

Dulu Chandra Alim pernah tergabung dalam Nissan Club Indonesia ( NCI ). Karier mantan pembalap yang sempat menjadi model iklan minyak rambut ini, waktu itu terus melejit seiring dengan Raihan prestasinya yang membanggakan salah satunya juara di Asean Race.

Karena prestasinya itu Chandra sempat dikontrak salah satu perusahaan rokok ternama untuk 6 musim balapan tahun 1986.

“Saya ingin mengangkat citra balap mobil dengan prestasi,” singkat Chandra mengakhiri obrolan dengan lingkarpena.id Kamis (6/6/2024).

Pos terkait