Rekomendasi Objek Wisata Sukabumi yang Cocok untuk Libur Lebaran

Inilah salah satu destinasi wisata air terjun yang ada di Selatan Sukabumi.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Libur lebaran sudah di depan mata. Anda yang bingung mencari tempat liburan, ada sejumlah destinasi wisata disarankan untuk kalian berkunjung ke Selatan Sukabumi atau Pajampangan.

Disana, pasti Anda di jamin akan merasa puas menikmati anugerah Tuhan yang beradada di wilayah di Pajampangan tersebut.

Sedikitnya ada tiga jenis destinasi wisata di Pajampangan yang wajib dikunjungi saat liburan lebaran nanti, yakni destinasi pantai, edukasi wisata, dan destinasi air terjun (Curug).

Destinasi wisata air terjun atau lebih akrab disebut Curug, yang tersebar di alam Pajampangan membuat anda berdecak kagum. Beberapa air terjun yang diprediksi bakal ramai dikunjungi wisatawan di saat libur lebaran nanti antara lain, Curug Pareang, Curug Cikanteh, Curug Awang, Curug Cimarinjung, Curug Cikaso, Curug Sodong, Curug Larangan, Curug Sawer, Curug Muncak Manik, dan Curug Puncak Jeruk.

Curug Pareang

Curug Pareang berlokasi di Desa Sindang Resmi, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi. Curug Pareang memiliki ketinggian sekitar 135 meter dan suasana yang sejuk membuat anda pasti betah untuk berlama lama disana.

Baca juga:  13 Pelajar SMP Diamankan Warga di Pajampangan, Ini Motifnya

Curug Cikanteh

Untuk para wisatawan yang memiliki jiwa petualang sangatlah tepat bila memilih Curug Cikanteh sebagai objek wisata tujuan. Untuk dapat sampai ke tempat tersebut wisatawan dituntut memiliki tenaga ekstra karena treknya yang menantang. Curug ini terletak di Ciwaru Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Curug Awang

Curug Awang merupakan salah satu air terjun terbesar yang berada di Geopark Ciletuh. Curug Awang berada di Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas . curug ini memiliki ketinggian 60 meter.

Curug Cimarinjung

Ketinggian Curug Cimarinjung sekitar 50 meter. Curug ini terletak ditengah lereng bebatuan tertua di Pulau Jawa. Lokasinya di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas. Di sekeliling Curug terdapat tebing tebing batuan yang tinggi dengan warna merah kecoklatan.

Curug Sodong

Objek wisata ini terletak di Kecamatan Ciemas dan masih termasuk di dalam kawasan Geopark Ciletuh. Ketinggian Curug Sodong sekitar 20 meter. Keindahan yang ditawarkan Curug Sodong akan membuat wisatawan betah untuk berlama lama disana.

Baca juga:  Polisi dan Tim Sarda Sukabumi Kembali Pungut Sampah Peninggalan Wisatawan Pantai

Objek Wisata Edukasi

Setidaknya ada dua objek wisata edukasi yang ada di Pajampangan, yakni Museum Megalodon dan Tempat Penangkaran Penyu di Pantai Pangumbahan.

Museum Megalodon

Museum Megalodon berada di Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi. Di museum ini tersimpan beberapa koleksi benda purba seperti gigi hiu purba atau Megalodon, tulang paus, moluska, dan keong purba. Untuk masuk ke museum Megalodon dikenakan biaya alakadarnya.

Penangkaran Penyu

Pantai Pangumbahan yang terletak di Desa Pangumbahan Kecamatan Ciracap, merupakan tempat wisata edukasi yang banyak dikunjungi para siswa. Di kawasan pantai tersebut terdapat bangunan sarana edukasi, salah satunya gedung yang disediakan khusus buat para pengunjung untuk belajar tentang Penyu lewat infokus dengan layar berukuran jumbo.

Selain itu terdapat pula bangunan tempat anak penyu atau (tukik) dipelihara di petakan petakan berair.

Pantai Pangumbahan letaknya masih satu hamparan dengan Pantai Cibuaya, atau sebelah barat Pantai Ujunggenteng.

Objek Wisata Pantai

Objek wisata pantai yang ada di alam Pajampangan tak kalah menarik dari pantai lain yang ada di Nusantara. Oleh karenanya tempat tempat tersebut banyak diburu wisatawan lokal dan mancanegara. Dari sederet nama itu sebut saja Pantai Ujunggenteng dan Pantai Minajaya.

Baca juga:  Beni Bunyamin Safari Santuni Anak Yatim

Pantai Ujunggenteng tidak hanya terkenal sekarang, semasa penjajahan pantai ini menjadi basis pertahanan armada Belanda. Buktinya, di Kawasan Ujunggenteng ada beberapa bukti peninggalan bersejarah, salah satunya adalah bekas dermaga armada Belanda, atau warga disana menyebutnya Bagal Batre.

Bahkan sekitar tahun 80 an di kawasan tersebut masih berdiri gedung bekas markas Belanda atau warga biasa menyebutnya Gedong Papak. Namun sayang saksi bisu bersejarah itu kini sirna dimakan jaman.

Pantai Minajaya yang terletak di Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi sangat direkomendasi untuk dikunjungi saat liburan lebaran nanti. Pantai ini dulunya bernama Pantai Kutamara. Namun ketika sekitar tahun 70 an di pantai tersebut ada sebuah kapal terdampar, kapal tersebut bertuliskan Minajaya, maka sejak itu namanya berubah menjadi Pantai Minajaya.

Pos terkait