Roadshow UKW PWI Jabar Angkatan 66, 67 dan 68 Resmi Digelar di Hotel Selabintana

Moment foto bersama pembukaan Uji Kompetensi Wartawan UKW PWI Jawa Barat.| Azis Ramdhani

LINGKARPENA.ID | Asisten Daerah III (Asda) Setda Kabupaten Sukabumi H. Ardiana Trisnawiana didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DKIP) Kabupaten Sukabumi Eka Nandang Nugraha menghadiri roadshow Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Barat.

Pelaksanaan kegiatan UKW berlangsung di Hotel Salabintana, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Senin, 21 Agustus 2023. Uji Kompetensi Wartawan diikuti sekitar 59 wartawan dari berbagai daerah di Jabar ini merupakan angkatan yang ke 66,67 dan 68.

Uji kompetensi wartawan yang bakal dilaksanakan selama dua hari dari tersebut di laksanakan mulai Senin tanggal 21-22 Agustus 2023 dan terdapat tiga tingkatan. Diantaranya jenjang yang tingkatan muda, madya dan utama.

Baca juga:  Peringati Hari Pers Nasional 2023, Ini Pesan Ketua PWI Kabupaten Sukabumi

Asda III Setda Kabupaten Sukabumi, H. Ardiana mengatakan, peran wartawan sangat strategis dalam dunia informasi. Maka dari itu, kemampuan bidang dunia jurnalistiknya perlu mumpuni.

“Jika melihat besarnya tugas wartawan, peningkatan kompetensi dan profesionalisme memang sangat perlu. Sehingga SDM wartawan itu benar-benar unggul,” kata Adriana kepada wartawan saat membuka pelaksaan Roadshow UKW PWI Jabar, di Hotel Salabintana, Senin (21/08/2023).

Baca juga:  PWI Kabupaten Sukabumi Bahas Persiapan Penyelenggaraan UKW 2023

Lanjut dia, pemkab sangat mengapresiasi pelaksanaan UKW Ini. Bahkan, dirinya berharap, wartawan yang lulus UKW nanti bisa menghasilkan karya-karya terbaiknya.

“Kami pun berharap wartawan dapat berperan aktif dan menjadi garda terdepan dalam memerangi hoaks. Selamat mengikuti ujian dan semoga mendapatkan hasil terbaik,” tandasnya.

Ditempat yang sama Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat mengatakan, uji kompetensi merupakan cara organisasinya membuat wartawan berkompeten. Selain, sebagai cara untuk memberantas hoaks. Hal tersebut mengingat di era media daring ini banyak sekali hoaks.

Baca juga:  Paripurna DPRD, Ini Empat Poin Raperda Kabupaten Layak Anak di Sukabumi

“Kita melawan hoaks dengan membuat wartawan yang kompeten,” singkatnya.

Sementara itu Ketua PWI Kabupaten Sukabumi Asep Solihin menambahkan, kompetensi wartawan merupakan salah satu yang diwajibkan Dewan Pers. Hal itu sebagai bentuk kompetensi wartawan.

“Terkait pentingnya uji kompetensi ini, saya berterima kasih kepada PWI Jabar yang menyelenggarakan UKW secara maraton. Dan UKW pun merupakan salah satu program prioritas PWI Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya.

Pos terkait