Ruas Jalan Bagbagan – Mekar Asih Simpenan Kembali Tertutup Longsor

LINGKARPENA.ID – Longsor kembali terjadi di ruas jalan Bagbagan – Mekar Asih, Kecamatan Simpenan. Tebing setinggi 12 meter longsor dan menutup ruas jalan Kabupaten tersebut terjadi pada 20 Februari 2022 Minggu malam Senin, sekirat pukul 23:00 WIB.

Lokasi kejadian longsor tepatnya di Kampung Cipurut, Rt 24/06 Desa Cibuntu, Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi. Hujan deras yang terjadi pada Minggu malam tersebut mengakibatkan longsor susulan dikawasan ruas jalan Bagbagan – Mekar Asih tersebut.

Baca juga:  TPAKD Kabupaten Sukabumi Akan Launching Program Ngelawan Terhadap Rentenir

Bedasarkan laporan petugas penanggulangan bencana kecamatan (p2bk) Simpenan, Dandi menjelaskan, untuk mengevakuasi material longsoran tanah dan bebatuan dilokasi dibutuhkan alat berat seperti Beko. Sebab terdapat batu besar yang tidak dapat di evakuasi dengan tenaga manual.

“Longsor susulan terjadi pada minggu malam sehingga material longsoran bebatuan dan tanah menutup ruas jalan Bagbagan – Mekar Asih ini. Jalan sempat tidak bisa dilalui,” terang Dandi.

Baca juga:  Jalan Sering Terputus Longsor, 70 KK di Bojongkerta Rawan Terisolasi

Material longsoran panjang 12 meter dengan lebar 4 meter tersebut sulit di evakuasi dengan tenaga manual. Petugas dari Koramil, Polsek, SatpolPP serta relawan warga coba evakuasi longsoran cuma bisa evakuasi bebatuan kecil dan sebagian tanah. Namun untuk batu-batu besar tidak bisa di evakuasi dan harus dengan alat berat.

Pos terkait