Rumah di Surade Sukabumi Ludes Terbakar, Ini Penyebabnya

LINGKARPENA.ID | Sebuah rumah di Kampung Gadog RT 03, RW 01, Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, dilaporkan hangus terbakar akibat dugaan kelalaian saat memasak.

Kejadian ini melibatkan rumah semi permanen milik Solihin (54) dengan dimensi 4 x 6 meter dan insiden terjadi sekitar pukul 05.30 WIB.

Rosadi (48), seorang saksi mata yang tinggal di sekitar, menyampaikan bahwa api pertama kali terlihat sekitar pukul 05.30 WIB di bagian dapur rumah korban.

Baca juga:  Longsor Tutup Akses Jalan Babakan Pari Girijaya Cidahu¬†

“Saya melihat kobaran api yang cukup besar di bagian dapur tadi pagi,” ungkapnya.

Setelah mengetahui kejadian tersebut, Rosadi segera memberitahu warga lainnya, dan bersama-sama melakukan upaya pemadaman dengan alat seadanya.

“Warga lainnya ada yang langsung menghubungi posko pemadam kebakaran Surade,” tambahnya.

Berdasarkan informasi lebih lanjut, tim pemadam kebakaran tiba di lokasi sekitar pukul 06.10 WIB dan berhasil memadamkan api. Meskipun bagian depan bangunan dapur telah terbakar habis, namun sebagian besar struktur bangunan berhasil diselamatkan.

Baca juga:  Ditinggal Jenguk Anak Melahirkan, Rumah Warga Surade Ludes Terbakar

Rosadi menjelaskan bahwa saat kebakaran terjadi, pemilik rumah atau korban sedang berada di masjid, sementara di rumahnya sedang melakukan kegiatan memasak air di tungku.

“Penyebab kebakaran diduga pada saat memasak air di tungku, yang ditinggal keluar rumah oleh keluarga korban,” terangnya.

Tim gabungan dari forkompimcam, pemdes, dan unsur lainnya telah meninjau lokasi serta melakukan penanganan sementara dengan evakuasi barang-barang dari dapur dan rumah yang masih dapat diselamatkan.

Baca juga:  Angin Kencang Mengamuk di Caringin Sukabumi, 1 Rumah Ambruk

“Tadi juga petugas memberikan himbauan kepada masyarakat pentingnya kehati-hatian saat memasak dan pengawasan tungku untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang,” tandasnya.

Pos terkait