Situs Prasejarah Ditemukan di Kecamatan Gunungguruh Sukabumi

Situs Prasejarah di Kecamatan gunungguruh Sukabumi

LINGKARPENA.ID – Ditemukan Situs Prasejarah di Gunung Kangkangreng yang disebut juga Gunung leuit Salawe Jajar Desa Sinaresmi Kecamatan Gunungguruh, batuan yang diduga peninggalan pada zaman Batu masih menjadi tekateki di lingkungan warga masyarakat.

Kemunculan situs saat warga setempat membuka lahan pertanian (Kebun), dengan penasaran warga mengali dengan alat seadaan dengan cangkul wargapun gugup melihat area kebun dipenuhi peninggalan Prasejarah. Hal itu warga tidak mengerti sampai saat ini apa nama situs ini.

Baca juga:  Heboh! Bule Mendadak Pingsan di Kawasan Wisata Palabuhanratu

Udin (57) warga Kampung Padaraang RW 03 RW13 Desa sinaresmi, membenarkan adanya bebatuan yang mirip dengan ukiran atau struktur bagunan, hal ini menjadi perhatian dan menjadi obrolan hangat hingga saat ini.

“Ukiran batu sejenis alat Rumah tangga seperti bentuk teko, peci,setrikaan dan bentuk kuda itu saya saat masih muda pada tahun 1976,” ujarnya kepada Lingkarpnea.id pada Minggu (16/1/2022).

Baca juga:  Operasi Patuh Lodaya 2021, Ini yang Dilakukan Polsek Gunungguruh

Kapolsek Gunungguruh Iptu Didin Waslidin Saat di konfirmasi, membenarkan adanya situs tersebut atas dasar laporan dari kepala desa sirnaresmi itu baru disinyalir. Pasalnya, temuan ini belum ada tindak lanjut penelitian dari pihak dinas terkait dan Badan Penelitian Cagar Budaya (BPCB).

Pos terkait