Track Pantai Balapan Motor Khas Ujunggenteng, Warnai Hari Nelayan 2024

FOTO: Track Pantai adu ketangkasan meriahkan Hari Nelayan Ujunggenteng ke 58 tahun 2024.| dok. Jajang S

LINGKARPENA.ID | Track Pantai, adu balap motor khas Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, akan digelar kembali di acara syukuran Hari Nelayan Ujunggenteng ke 58 tahun 2024.

Adu pacu kuda besi yang selalu digelar di acara syukuran nelayan Ujunggenteng ini setiap tahunnya selalu menarik peminta. Bahkan, untuk tahun ini jumlah peserta meningkat dari tahun sebelumnya.

Dari rangkaian acara yang digelar di syukuran nelayan Ujunggenteng, track pantai menjadi acara favorit. Untuk tahun ini jumlah peserta yang ambil bagian tidak saja tracker tracker lokal, Bogor, Sukabumi, Tanggerang, dan beberapa daerah lainnya pun turut hadir sebagai peserta.

Baca juga:  Peringatan Sewindu UU Desa di Kasepuhan Cipta Gelar, Mendes: Desa Mampu Jadi Pilar Ekonomi Nasional

Pada syukuran hari nelayan tahun 2024 ini ada 16 kelas yang dipertandingkan. Berikut daftar kelas yang diperlombakan dalam track pantai Ujunggenteng.

Kelas Lomba :
1. Matic 116 CC Pemula.
2. Matic 130 CC Non Pembalap.
3. Matic 130 CC Open.
4. Matic 155 CC Open.
5. Matic 200 CC Open.
6. Bebek 130 CC Open.
7. Bebek 200 CC Open.
8. Bebek 2 Tak 116 CC Open.
9. Sport 2 Tak 140 CC Open.
10. OMR Supra Modif Open.
11. Bebek Modif 4 Tak Open.
12. Matic Modif Open. 13. FFA 4Tak Open.
14. OMR FIZR Modif Open.
15. OMR RX KING Modif Open.
16. FFA 2 Tak Open.

Baca juga:  Ratusan Perahu Rusak Diterjang Gelombang di Ujunggenteng Sukabumi

Lukman Hambali, atau lebih akrab biasa dipanggil Bang Raw, melalui Koordinator lapangan pengatur race balapan, Welly Boboracing menuturkan, track pantai akan digelar pada Sabtu, 1 Juni hingga Minggu, 2 Juni 2024.

“Peserta yang akan ambil bagian di track pantai kali ini umumnya sudah mengkonfirmasi. Mereka datang dari luar Sukabumi,” jelas Welly kepada lingkarpena.id Kamis, (30/05/2024)

Menurut Welly, para peserta akan adu cepat di lintasan pasir sejauh 4 kilometer. “Ini menjadi agenda rutin, track Pantai Ujunggenteng juga sebagai sarana promosi wisata,” imbuhnya.

Patut dicatat, track pantai adalah balapan sepeda motor khas Ujunggenteng. Acara ini selalu digelar dua kali dalam setahun, acara syukuran nelayan dan tahun baru.

Baca juga:  Inilah Detik-detik Kecelakaan Balap Pesisir Pantai Ujunggenteng Sukabumi

Jenis olah raga bermotor di arena pasir basah ini merupakan satu satunya balapan motor yang ada di Indonesia.

Paguyuban Balap Pesisir dibawah pimpinan Bang Raw saat ini tengah berusaha mengajukan kepada Koni supaya olah raga ketangkasan tersebut menjadi agenda resmi dan diakui sebagai salah satu cabang dari olah raga balap motor.

“Benar saat ini Bang Raw tengan mendaftatkannya ke KONI agar kegiatan track pantai menjadi bagian dari olah raga bwrmotor,” tandas Welly.

Pos terkait