Tujuh Pelaku Pungli di Dua Kawasan Wisata Diamankan Satgas Gakum

Oknum koordinator parkir dengan hasil pungutan liarnya saat diminta untuk diperlihatkan kepada petugas Gakum, pada Jumat (6/5/22). Foto: Istimewa

LINGKARPENA.ID – Tujuh orang terduga pelaku pungutan liar (Pungli) di dua kawasan wisata yang ada diwilayah hukum Polres Sukabumi ditertibkan oleh Satuan Tugas (Satgas Gakum) Operasi Lodaya 2022, pada Kamis 5 Mei 2022.

Operasi dipimpin langsung Kasatgas Gakum, yang juga Kasatreskrim Polres Sukabumi AKP I Putu Asti Hermawan. Ketujuh terduga pelaku pungli 4 orang terdapat dikawasan wisata Karanghawu Cisolok dan 3 orang lainnya didapat di kawasan parkiran Cipunaga Loji Kecamatan Simpenan.

Baca juga:  Polisi Lidik Dugaan Pungli di Kawasan Wisata Alam Palabuhanratu Sukabumi dengan Dalih Restribusi

Penindakan dan penertiban terhadap perbuatan pungli ini satgas gakum merupakan gabungan antara fungsi reskrim intel dan res narkoba. Pihaknya berhasil mengamankan 7 (tujuh) pelaku pungli dari dua lokasi wisata di dua Kecamatan berbeda.

“Modus operandi pelaku ini memungut uang parkir terhadap pengunjung wisata di area lahan parkir tanpa memiliki ijin dari lembaga yang berwenang atau resmi,” jelas Kasatgas Gakum, AKP IPutu Asti Hermawan, kepada wartawan Jumat (6/5/22) pagi.

Baca juga:  Hari Pertama Masuk Kerja, Ini Pesan Bupati untuk ASN

Pelaku yang berhasil diamankan oleh petugas dikawasan Cipunaga antara lain HB (34) merupakan Ketua Karang Taruna, SB (23) dan C (22), Ketiganya merupakan warga Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan.

Pos terkait