Ketua Yayasan Sri Manggala Nusantara, M. Solehudin saat memberikan pohon secara simbolis di lokasi Goa Baduy, Kecamatan Cimanggu. [Foto: Ist]

Yayasan Sri Manggala Nusantara, Ajak Kaum Milenial Selatan dalam Gerakan Tanam Pohon

SOSIAL

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Yayasan Sri Manggala Nusantara, Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi melakukan gerakan tanam pohon, belum lama ini. Kegiatan tersebut merupakan gerakan tanam pohon dengan mengajak kaum Milenial Selatan Sukabumi.

Sebelum dilaksanakan kegiatan penanaman pohon, acara dimulai dengan sambutan oleh ketua pelaksana kegiatan. Melalu Kepala Desa Sukamanah, Camat Kecamatan Cimanggu, Perwakilan Penggerak Lingkungan, serta Perwakilan dari Perumda Agro Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis di mulut Goa Baduy Desa Sukamanah. Selanjutnya dilakukan penanaman secara bersama di lahan yang telah disediakan di area Goa Baduy Kecamatan Cimanggu Kabupaten Sukabumi itu.

Baca juga:
LSM Dampal Jurig Gandeng PB Himasi Tebar Bibit Ikan dan Tanam Pohon di Situ Batu Karut Sukaraja

Adapun jenis pohon yang ditanam adalah pohon Kimenyan, Trembesi, Manii, Ketapang, dan Kepuh. Pohon ini sumbangan dari UPTD dan BPTH Kabupaten Sukabumi yang menyambut baik kegiatan ini.

Baca juga:  Kapolres Lamongan Apresiasi Polisi Sejuta Julukan Kebaikannya, Dia Aipda Purnumo

“Kegiatan ini bentuk kepedulian masyarakat terutama generasi muda terhadap nasib Hutan dimasa yang akan datang. Karena itu dalam rangka memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, dengan segala pembatasan di tengah wabah covid-19. Yayasan Sri Manggala Nusantara menggelar kegiatan Gerakan Penanaman Pohon,” ucap Ketua Yayasan Sri Manggala Nusantara, M Solehudin, kepada awak media.

Kegiatan penanaman melibatkan para perwakilan pelajar lintas SMA dan Komunitas Penggerak Lingkungan se-wilayah 9 Jampang. Kegiatan sendiri dilakukan pada hari Rabu 20 Oktober 2021 lalu bertepatan dengan 13 Rabiul Awal 1443 H.

Baca juga:  Lapas Warungkiara Sumbang 100 Labu Darah dan 50 Paket Bansos di Hari Dharma Karya Dhika 2021

Yayasan Sri Manggala Nusantara bersama kaum milenial selatan dan unsur lainnya siap tanam pohon.[Foto: Ist]
“Kegiatan ini didukung oleh kepala Desa Sukamanah, Camat Cimanggu, Perwakilan UPTD dinas Kehutanan dan Perkebunan wilayah Kabupaten Sukabumi, juga keterwakilan dari Perumda Agro Kabupaten Sukabumi,” terang M Solehudin.

Dikatakan Ketua Yayasan Sri Manggala, penanaman pohon sebagai upaya rehabilitasi hutan dan lahan. Menurutnya, aksi ini difokuskan di lahan hutan kawasan resapan air untuk mencegah terjadinya musibah kebencanaan.

Baca juga:  Pemeriksaan Gratis PWI Kabupaten Sukabumi, Avhes: Ini Perkenalan Awal

“Gerakan penanaman pohon dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di wisata Goa Baduy, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan