APH Sigap Bertindak soal Pengangkutan Pasir Besi di Tegalbuleud

LINGKARPENA.ID | Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (KasatPol-PP) Kabupaten Sukabumi, Akhmad Riyadi saat dikonfirmasi awak media prihal adanya penarikan pasir besi ilegal di wilayah desa /kecamatan tegalbuleud oleh oknum perusahaan, hingga kini belum ada laporan.

“Yang jelas kalau memang itu terjadi akan kita tindak sesuai aturan. Jika kami bekerja sesuai standar operasional (SOP) aturannya seperti apa,” kata Akhmad di Pendopo Sukabumi blum lama ini.

Disinggung berdasarkan informasi pemerintah Desa Tegalbuleud, bahwa aktivitas penarikan pasir besi yang sudah dilakukan beberapa hari lalu, Akhmad menguungkapkan, soal perizinan yang sudah dikantong mereka itu sejauhmana.

Baca juga:  Wabup Iyos Tinjau Monev Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Jampang Tengah

“Makanya, kita cek bersama-sama nanti, itu ada izin nya ngak? Kalau mereka mempunyai izin berarti boleh diteruskan. Jika tidak salah dulu itu ada izin penggalian atau ekploitasi,” jelasnya.

Disisi lain Akhmad juga menghimbau terhadap unsur kecamatan tegalbuleud, agar melakukan pengecekan lapangan, sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh pihak perizinan.

“Kalau memang aktivitas itu sudah mempunyai izin ya mangga silahkan. Jadi pada intinya kami ini bekerja sesuai SOP,” tandasnya.

Baca juga:  Rumah Warga Jampangkulon Ludes Terbakar, Kerugian Capai Rp100 Juta

“Tapi jika memang terjadi pelanggaran, kami akan lakukan peneguran terlebih dahulu. Ya karena sampai saat ini kasi trantib kecamatan tegalbuleud belum memberikan laporan, maka saya belum bisa komentar lebih jauh,” imbuhnya.

Keterangan diberikan Kasatpol PP ini selepas mengikuti rakor persiapan Natal dan tahun baru 2024 bersama Forkompimda Kabupaten Sukabumi.

Sementara itu di tempat yang sama, Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede, saat ditanya mengenai adanya aktivitas pengangkutan pasir besi di Kecamatan Tegalbuleud mengatakan, pihaknya akan melakukan penyelidikan terlebih dahulu.

Baca juga:  Relawan Ganjarist Sukabumi Raya Deklarasikan Ganjar Pranowo Untuk RI 1

“Sebelum bertindak kami Polres Sukabumi akan melakukan penyelidikan dulu terkait informasi ini. Ya, kami harus pastikan dulu betul tidak ada aktivitas pengangkutan pasir besi yang ramai diberitakan media,” singkatnya.

Pos terkait