BPP wilayah 7 Sagaranten gelar pelatihan Program YESS, Selasa (09/11). [Foto: Aris Ram]

Balai Penyuluh Pertanian Sagaranten Kabupaten Sukabumi Gelar Pelatihan Program YESS

KABUPATEN SUKABUMI PERTANIAN

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) wilayah 7 UPTD Sagaranten menggelar pelatihan Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) dilaksanakan di Aula UPTD Dinas Pertanian wilayah 7 Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, Selasa (9/11/2021).

Hadir dalam acara pelatihan YESS, yang bertajuk pelatihan penyusunan proposal bisnis bagi Pemuda Tani itu, Aang Eso Suarso, sebagai penyuluh Kabupaten Sukabumi, Dety Setyawati, Kepala Bidang Ketersediaan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi, Iwang Gunawan sebagai Koordinator wilayah PPL di wilayah 7 Sagaranten.

Baca juga:  Kebakaran Habiskan Satu Rumah di Datarnangka Sagaranten

Dalam pelatihan dijelaskan oleh penyuluh pertanian Sagaranten Achmadi, materi yang di sampaikan adalah tentang pelatihan penyusunan proposal bisnis bagi pemuda tani. Dengan tujuan agar pemuda bisa menyusun proposal bisnis. Selain itu, juga soal analisa usaha pemuda tani agar bisa menganalisa usaha yang dijalankan memperoleh keuntungan. Kedepannya pemuda tani bisa memperkirakan usahanya menguntungkan atau tidak.

“Ada dua materi yang di tekankan pada pelatihan kali ini. Yakni penyusunan proposal bisnis bagi pemuda tani dan analisa usaha pemuda tani,” jelas Achmadi kepada awak media.

Baca juga:  Satu Orang Penghuni Rumah Meninggal Dunia dalam Kebakaran di Sagaranten

Achmadi menerangkan, program YESS dirancang untuk membangun kewirausahaan dan ketenagakerjaan muda di sektor pertanian. Tentunya dengan melibatkan dan meningkatkan peran para pemuda di perdesaan.

“Program YESS ini dirancang untuk membangun kewirausahaan dan ketenagakerjaan muda di sektor pertanian,” terangnya.

Ia menambahkan, program YESS merupakan proyek pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan generasi muda di sektor pertanian yang didanai oleh IFAD. Program ini diharapkan akan menjadi model untuk pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan generasi muda di sektor pertanian di negara-negara anggota IFAD.

Baca juga:  54 Korban Keracunan Es Cendol Besok Dipastikan Bisa Pulang

“Program YESS merupakan proyek pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan generasi muda di sektor pertanian yang didanai oleh IFAD,” tambahnya.

 

Reorter: Aris RAM
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan