Bupati Sukabumi Kunjungi Desa Punggul Bali, Desa Digital Terbaik di Indonesia

LINGKARPENA.ID | Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami lakukan kunjungan kerja ke Desa Punggul, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, terkait penerapan tatakelola desa digital. Desa Punggul sendiri merupakan desa terbaik dalam penerapan konsep desa digital di Indonesia, Rabu, 26 Juni 2024.

Platform desa digital fokus pada berbagai kebutuhan informasi, pelayanan publik, perekonomian  dan pemberdayaan jadi Desa digital memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup penduduknya dengan mengintegrasikan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan serta mewujudkan  ekosistem yang inovatif sekaligus terbuka.

Dengan demikian konsep desa digital adalah meminimalkan kesenjangan informasi di pedesaan dengan memanfaat teknologi informasi dan komunikasi.

Baca juga:  Protes Pilkades, Warga Geruduk Kantor Desa Sundawenang

“Penerapan pelayanan digital dengan tagline 5 jari yang berarti semua pelayanan selesai dalam 5 menit,  merupakan pemenuhan kebutuhan Masyarakat bukan keinginan semata,” demikian diungkapkan oleh perbekel desa punggul Kadek Sukarna, saat menerima kunker Bupati Sukabumi beserta rombongan.

Selanjutnya perbekel yang sejak tahun 2014 tersebut  menjelaskan terkait ekosistem desa digital seperti SDM, pemberdayaan, pembiayaan, infrastruktur, aplikasi dan medsos,  data, serta beberapa program unggulan desa seperti pengolahan sampah, Pendidikan PUD, pelayanan publik, antar jemput sekolah disertai uraian tahapan pencapaiannya.

Bupati dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas penerimaan yang sangat baik dan penuh kekeluargaan dari seluruh aparat desa punggul

Baca juga:  Kasdim 0607 Hadiri Gerakan Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar di Kabupaten Sukabumi

“Nuansa desa digital memang sangat terlihat begitu masuk kantor desa, seperti aplikasi buku tamu terintegrasi, monitor/dashboard keadaan lingkungan desa, serta pelayanan yang tidak lagi menggunakan formulir  (paperless) semua berbasis aplikasi,” terang Bupati.

Hal yang tak kalah menarik  adalah bagaimana penggunaan dana desa bagi kebutuhan Masyarakat desa di semua sektor dan edukasi kepada Masyarakat dalam merubah budaya Masyarakat dalam menjamin keberhasilan digitalisasi pelayanan.

“Mudah mudahan kita dapat menerapkan keberhasilan desa punggul ini di kabupaten sukabumi,” ujarnya.

Baca juga:  BKM Lensa Sejahtera Realisasikan Program Kotaku

Bupati juga berharap dapat melakukan kunjungan selanjutnya bersama kepala desa yang ada di Sukabumi supaya dapat belajar secara langsung, sehingga penerapan Desa  Digital di kabupaten sukabumi dapat terwujud dengan baik dan efektif

Di akhir acara,  bupati berkesempatan meninjau keberhasilan obyek wisata taman beji griya waterfall yang letaknya tidak jauh dari kantor desa punggul. Diketahui dengan pengelolaan yang baik objek wisata tersebut menjadi destinasi bertaraf internasional.

“Alhamdulillah kita  diterima  secara langsung owner Ida Bagus Oka didampingi GM I Dewa Mas Yoga, kita harus bisa menerapkan strategi pengelolaannya di sukabumi,” pungkasnya

Pos terkait