Diduga Tabung Gas Bocor, Rumah Lansia di Jampangkulon Ludes Terbakar

LINGKARPENA.ID | Sebuah rumah tinggal di tengah pemukiman warga di Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, pada Senin pagi, 25 Desember 2023 mengalami kebakaran hebat.

Diduga kebakaran tersebut akibat adanya kebocoran tabung gas elpiji 3kg. Akibatnya rumah milik Emak Tikah warga Kampung Kalapanunggal RT 04 RW 03 di Desa Cikarang, Kecamatan Jampangkulon, ludes dilahap si jago merah.

Komandan Posk X Jampang Kulon, pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Sukabumi, Asep Sukarwan mengatakan, berdasarkan laporan warga peristiwa kebakaran terjadi sekira pukul 06.30 WIB.

Baca juga:  Jalan Provinsi Rusak, Puluhan Emak-emak di Sukabumi Ancam Tak Pilih Lagi Ridwan Kamil

“Saya langsung terjunkan petugas dengan satumobil damkar bersama para personil untuk melakukan pemadaman api ke lokasi,” jelas Asep dalam keteranganya kepada Lingkarpena.id Senin, (25/12/23).

Lanjut dia, setalah petugas damkar tiba di lokasi dan dibantu dengan warga akhirnya api dapat dikuasai sehingga berhasil dipadamkan.

Warga setempat sempat panik melihat kobaran api yang membakar rumah Emak Tikah tersebut. Sebab posisinya sangat berdekatan dengan pemukiman lain.

Baca juga:  Diduga Korsleting Listrik, Rumah Nenah di Kadudampit Sukabumi Terbakar

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini, namun api diduga berasal dari kebocoran tabung gas di dapur rumah. Sedangkan kerugian materi akibat kebakaran ini ditaksir mencapai Rp30 juta,” ungkapnya.

Danpos juga menyampaikan bahwa Emak Tikah selamat dalam insiden tersebut. Dan saat ini sangat membutuhkan pertolongan dari pemerintah dan pihak lainnya.

Baca juga:  Tim Andri Sasmita, Bantu Korban Kebakaran di Kalapanunggal

Danpos juga menghimbau kepada warga masyarakat untuk selalu berhati-hati dan mewaspadai saat beraktivitas memasak guna memastikan kompor dan tabung gas dalam kondisi aman saat digunakan.

“Untuk sementara Emak Tikah diungsikan kerumah saudaranya,” pungkasnya.

Pos terkait