DPRD Kabupaten Sukabumi Gelar Paripurna Lanjutan, Segera Bentuk Pansus

LINGKARPENA.ID | Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi telah menyiapkan Pansus (Panitia Khusus) untuk membahas rapat lanjutan tentang Rancangan Peraturan Daerah rencana jangka panjang Pembangunan Daerah 2025-2045.

Hal ini diungkapkan oleh pimpinan rapat paripurna Budi Azhar Mutawali dalam rapat lanjutan dengan membahas jawaban Bupati terhadap pandangan umum fraksi-fraksi yang telah dilaksanakan pada Selasa, 27 Mei lalu.

“Hari ini merupakan lanjutan dari rapat paripurna kemarin. Pada rapat kemarin, fraksi-fraksi telah menyampaikan pandangan-pandangannya,” ujar Budi Azhar

“Hari ini, rapat paripurna membahas jawaban Bupati Kabupaten Sukabumi terhadap pandangan fraksi-fraksi yang telah disampaikan,” sambungnya.

Baca juga:  Terima Bantuan Bibit Ikan dari H A Sofyan, Sejumlah PAC Gerinrda dan Poktan di Sukabumi Apresiasi

Budi Azhar menambahkan, jawaban yang telah disampaikan oleh bupati akan menjadi dasar pembentukan Pansus untuk melanjutkan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah.

Penetapan pembahasan Raperda RPJPD 2024-2045 melalui Pansus berdasarkan hasil kesepakatan yang telah disepakati dari fraksi-fraksi bahwa pembahasan raperda tersebut akan dilakukan oleh Pansus yang anggotanya merupakan perwakilan dari fraksi-fraksi.

“Mudah-mudahan Pansus dapat segera melakukan rapat internal dan membuat jadwalisasi pembahasan sehingga pembahasan tersebut dapat terselesaikan tepat waktu. Kita usahakan jadwal tersebut sebelum berakhir masa periode, Pansus ini dapat segera diselesaikan,” ucap Budi Azhar.

Baca juga:  12 Caleg Dapil I Berpeluang Duduk di Kursi DPRD Kota Sukabumi, 4 Diantaranya Wajah Baru

Sementara itu, Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, yang hadir mewakili Bupati Marwan Hamami, memberikan apresiasi kepada seluruh fraksi-fraksi atas apresiasi, dukungan, saran, dan pendapat mereka terhadap Raperda tentang RPJPD Kabupaten Sukabumi 2025-2045. Beberapa masukan yang telah disampaikan fraksi akan menjadi bahan analisis dan menjadi bagian arah kebijakan pembangunan dalam dokumen RPJPD.

Lebih lanjut, Iyos menegaskan bahwa kebijakan strategis dalam RPJPD 2024-2045 menitikberatkan pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas melalui peningkatan kualitas pendidikan, pelayanan kesehatan prima, serta penguatan nilai-nilai agama, moral, dan kebudayaan. Karenanya, peningkatan SDM merupakan pondasi dasar untuk mengakselerasi pembangunan di sektor agroindustri dan pariwisata.

Baca juga:  Dua Ruang Kelas SDN Cisarua Purabaya Nyaris Ambruk

Iyos juga menambahkan bahwa potensi pertanian di Kabupaten Sukabumi cukup besar sehingga dapat berkontribusi terhadap perekonomian daerah. Pengembangan industri padat karya berbasis pertanian dari skala mikro hingga menengah akan menjadi perhatian Pemda dalam jangka waktu 20 tahun dan 4 fase yang berikutnya.

“Mudah-mudahan dalam pembahasan antara eksekutif dengan Pansus atau Komisi DPRD dapat menyempurnakan substansi baik formil maupun materil,” tutupnya.

Pos terkait