FEPI Deklarasi, Tingkatkan Kualitas Jurnalis dan Wawasan Masyarakat tentang Pers

Deklarasi FEPI diwarnai dengan potong tumpeng.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Deklarasi Forum Edukasi Pers Indonesia (FEPI) dilaksanakan di Jakarta. Dalam deklarasi tersebut, Pendiri FEPI, Pangihutan Simatupang membacakan pernyataan didirikannya FEPI didampingi sejumlah jurnalis dari berbagai media di Jakarta dan wartawan senior Suryadi, Rabu, (17/1/2024) kemarin.

Sebelum membacakan pernyataan tersebut, Pangihutan Simatupang menyampaikan, dirinya telah menemui dan menghubungi sejumlah tokoh pers nasional atas rencana mendirikan Forum Edukasi Pers Indonesia tersebut.

“Mereka sangat mendukung berdirinya Forum ini karena dinilai untuk meningkatkan profesionalisme jurnalis, seiring kemajuan teknologi komunikasi seperti digitalisasi saat ini,” kata jurnalis yang pernah menjabat Kepala Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) PWI DKI Jakarta ini.

Baca juga:  Dishub Tutup Mata, Ruas Jalan Panggeleseran Cibatu Sukabumi Jadi Pijakan Tronton

Selanjutnya, Pangihutan Simatupang membacakan pernyataan deklarasi FEPI

“Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa”

Sesungguhnya Kemerdekaan pers adalah salah satu pilar demokrasi yang wajib dipahami dan dilaksanakan sesuai UU No.40 tahun 1999 tentang Pers.

Bahwa pers yang profesional menjadi syarat mutlak untuk memenuhi hak masyarakat untuk mendapatkan informasi yang akurat, cepat, dan mengedukasi.

Bahwa kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang seharusnya dapat dimanfaatkan positif, masih menimbulkan persoalan di tengah masyarakat, khususnya terkait penyebaran informasi publik.

Untuk membangun pers yang profesional dan masyarakat yang intelektual, diperlukan wadah sebagai sarana edukasi diskusi untuk menghimpun seluruh tokoh pers dan pihak-pihak terkait langsung maupun tidak langsung.

Baca juga:  Karnaval Pembagunan, Bupati: Semangat Kekompakan dan Kreativitas Masyarakat

Wadah tersebut dapat digunakan sebagai sarana membangun edukasi serta pencerahan dalam menyikapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Selanjutnya, atas pertimbangan tersebut, maka dengan ini, kami selaku pihak yang terkait langsung dengan pers, sepakat membentuk forum Edukasi Pers Indonesia (FEPI), pada hari Rabu 17 Januari bertempat di DKI Jakarta.

“Demikianlah pernyataan deklarasi ini kami sampaikan,” ungkapnya yang disambut tepuk tangan dari para jurnalis dan tamu yang hadir.

Pada kesempatan itu wartawan senior Suryadi mengatakan, dirinya sangat mendukung kehadiran FEPI, ia juga menyampaikan masukan kepada organisasi ini.

Baca juga:  Pemkot Sukabumi Terima Laporan Pengelolaan Anggaran ZIS Baznas Tahun 2023

“FEPI juga diharapkan peduli terhadap kehidupan sosial para jurnalis, dan masyarakat yang membutuhkan wadah ini,” tutur jurnalis senior yang pernah bertugas di Hr. Sriwijaya Post dan LKBN Antara ini.

Di acara tersebut, seorang tamu undangan, Ika Susila Wati, S.Pdi juga menyampaikan dukungannya atas didirikannya FEPI ini. Dan ia berharap dengan adanya FEPI, masyarakat bisa lebih paham tentang pers.

“Semoga melalui program-program FEPI, masyarakat lebih paham tentang kinerja pers. Contohnya ketika ada sengketa pers, masyarakat tahu kemana melaporkannya,” katanya.(**)

Pos terkait