Jargon Gerbang Nyi Mas Agung, Pacu Pembangunan Masjid Al-Jalil Surade Sukabumi

Masjid Agung Al-Jalil Kecamatan Surade Sukabumi.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Gerbang Surga Nyi Mas Agung ( Gerakan Pembangunan Surade Gaul Nyieun Masjid Agung ) adalah jargon besutan U. Suryana yang saat ini menjabat sebagai Camat Surade Kabupaten Sukabumi.

Semenjak didapuk sebagai Camat Surade, U. Suryana yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Jampang Tengah,menyadari kalau dirinya harus berbuat sesuatu untuk kepentingan Surade.

Terobosan pertama sejak dilantik menjadi Camat Surade, U. Suryana tertarik untuk merampungkan pembangunan Masjid Al-Jalil, yang memang saat itu pembangunannya terseok seok.

Diawali niat yang mulia, lahirlah gagasan brilian dari camat asli keturunan Ciracap ini, yaitu gagasan untuk memacu semua elemen masyarakat Surade guna mensukseskan dan merampungkan pembangunan Masjid Al- Jalil.

Baca juga:  Kapolres Sukabumi Pimpin Pengamanan Pelepasan Jemaah Haji Asal Kabupaten Sukabumi

Dari pemikirannya tercetuslah jargon Gerbang Nyi Mas Agung ( Gerakan Pembangunan Surade Gaul Nyieun Masjid Agung ). Ternyata jargon pemicu semangat untuk mensukseskan pembangunan itu mendapat tempat dan diterima warga Kecamatan Surade.

“Tidak punya muatan apa apa saya gaungkan jargon itu, hanya niatan saya untuk memicu semangat kita semua dalam mensukseskan pembangunan Masjid Al-Jalil Surade,” cetus Suryana.

Diakui Suryana, sejak dirinya menjabat Camat Surade merasa tertantang untuk menyelesaikan pembangunan Masjid Al-Jalil. Koordinasi yang baik dengan semua unsur, termasuk Forkopimcam, yang selama ini terjalin baik ternyata berbuah manis. Belum genap dua tahun progres pembangunan Masjid- Aljalil kini mencapai 60 persen.

Baca juga:  MTQ Tingkat Kota Sukabumi Digelar, Ini Peran Serta Forkopimda

Awalnya pembangunan Masjid Al-Jalil terseok seok karena berbagai hal, terutama pendanaan. Sejak pertama dipugar hingga sekarang memakan waktu hampir empat tahun.

“Saya mau sebelum saya pensiun masjid ini sudah jadi,” harap Suryana suatu ketika.

Hubungan yang terbina baik antar sesama elemen Forkopimcam, para kepala desa, tokoh agama, tokoh pemuda, OKP dan warga masyarakat Surade terus dibina Suryana.

“Alhamdulilah kini donasi mengalir deras dari para hamba Allah untuk pembangunan Masjid Al-Jalil,” jelasnya.

Sederet hamba Allah yang telah bersodakoh untuk kelancaran pembangunan Masjid Al-Jalil Surade, sebut saja Keluarga Besar H. Gopar, politisi dan Pengusaha Budi Zabur, Ida Istri bendahara panitia Pembangunan Al-Jalil, para kepala desa, H. Ade seorang pengusaha muda Surade dan lainnya.

Baca juga:  Hadiri Haul dan Tawassul Akbar Poskab Sapu Jagat, Bupati Marwan: Pererat Tali Persaudaraan dan Kebersamaan

Niat yang dibarengi kesungguhan selalu saja ada jalan, itu pula yang menjadi pemicu semangat U Suryana dalam membangun Masjid Al-Jalil Surade.

Tidak terbayangkan sebelumnya, anggaran sebesar Rp 6 milyar akan terkumpul dari mana? Tapi itu bukan halangan melainkan tantangan yang harus diatasi dan dilalui.

“Memang anggaran sebesar itu belum masuk ke kas panitia, tapi untuk sebuah kebaikan pasti saja ada jalannya,” pungkasnya.

Pos terkait