Program bantuan KIS tahun 2021 dihentikan sementara / Kementerian Sosial /

Kementerian Sosial Hentikan Program Bantuan KIS, Simak Alasannya

KOTA SUKABUMI SOSIAL

LINGKARPENA.ID – Pada pertengahan bulan September 2021 pemeritah dalam hal ini Kementerian Sosial telah mengeluarkan Surat Keputusan nomor 92 tahun 2021 tentang Tentang Penetapan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Tahun 2021.

Seiring dengan terbitnya Surat Keputusan tersebut berdampak pada penghentian sementara realisasi program bantuan Kartu Indonesia Sehat (KIS) menjelang akhir tahun 2021 ini.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, penghentian sementara realisasi program bantuan KIS tersebut dilakukan karena saat ini Kementerian Sosial tengah melakukan perbaikan data penerima manfaat KIS seluruh Indonesia.

Baca juga:  Balita Ditemukan Meninggal Dunia di Dalam Sumur di Kota Sukabumi

Sehingga seluruh penerima manfaat bantuan yang belum tercatat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial untuk sementara tidak akan menerima bantuan ini.

Selain itu, realisasi bantuan juga dihentikan sementara terhadap penerima manfaat yang ditemukan datanya ganda, beserta penerima manfaat yang tidak menggunakan fasilitas kesehatan pada lokasi yang ditunjuk.

Seperti disampaikan Kepala Seksi Identifikasi dan Penguatan Kapasitas Dinas Sosial Kota Sukabumi, Arif Nur Rachman, yang memberikan penjelasan terkait informasi penghentian sementara bantuan KIS.

Baca juga:  Upaya Deteksi Dini Peredaran Narkoba, Kalapas Test Urine 11 Pegawainya Secara Mendadak

Arif Nur Rachman mengatakan, walaupun para penerima manfaat KIS statusnya dihentikan sementara, namun dapat mengaktifkan kembali bantuan tersebut apabila harus mendapatkan penanganan medis.

“Para penerima manfaat KIS dapat mengaktifkan kembali bantuan tersebut seandainya harus mendapatkan penanganan medis, meski program dihentikan sementara,” katanya seperti dilansir dari rilis Pemkot Sukabumi Kota pada Sabtu (13/11/2021).

Arif menyebut, setidaknya terdapat puluhan ribu masyarakat di Kota Sukabumi yang berstatus sebagai penerima manfaat program bantuan KIS realisasinya juga dihentikan sementara.

Baca juga:  Banyak Pihak Mangkir, Sidang Pertama Gugatan Mangkraknya Pembangunan Pasar Pelita Ditunda

“Akibat dihentikannya bantuan Kartu Indonesia Sehat sementara ini berakibat pada sebanyak 28.224 orang warga Kota Sukabumi bantuan harus dihentikan sementara,” ujarnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar bisa menghubungi Dinas Sosial apabila akan mengaktifkan kembali KIS ke BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara JKN KIS.

“Bagi masyarakat yang hendak mengaktifkan kembali KIS, dapat menghubungi pihak Dinas Sosial untuk mendapatkan bantuan mengaktifkan KIS ke BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara JKN KIS,” tambah Arif.***

Tinggalkan Balasan