KKN Tematik LLDIKTI IV di Desa Bagoang Bogor, Berdayakan IRT Lewat Pembuatan MOCAF

Pembuatan tepung Mocaf yang berbahan baku Ubi Kayu ala warga Desa Bagoang, Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor Jawa Barat.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Mahasiswa KKNT LLDIKTI IV Desa Bagoang Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, membuat tepung MOCAF (modified cassava flour) tepung yang merupakan olahan dari tanaman singkong atau ubi kayu yang diproses sedemikian rupa.

Kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari proses observasi yang dilakukan selama satu minggu, yang mana meliputi potensi sumber daya alam, sumber daya manusia dan sosio kultur yang ada di desa bagoang. Dan keputusan pemberdayaan ibu rumah tangga dengan membuat MOCAF ini. Karena melihat sumber daya alam yang ada, kontur tanah dan pertanian yang memiliki potensi produksi banyak pada tanaman singkong (Ubi kayu).

Baca juga:  Kakorbinmas Baharkam Polri Tanam Perdana Jagung Hibrida di Sukabumi

Desa Bagoang merupakan salah satu desa yang terdampak banjir pada September 2021 silam. Yang berakibat pada saluran irigasi menuju desa bagoang dipenuhi sedimen dan terjadi pendangkalan, sehingga air tidak dapat mengaliri pesawahan warga desa Bagoang. Masyarakat yang bertani (sawah) harus putar haluan, yang awalnya menanam padi menjadi menanam tanaman darat dan singkong ini menjadi salah satunya.

Pos terkait