Lansia di Surade Sukabumi Hidup Sendiri dengan Keterbatasan Penglihatan

Beginilah Istana Mak Marliah warga Surade Sukabumi dengan keterbatasannya.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Kisah Pilu yang dialami seorang perempuan lanjut usia (Lansia), bernama Mak Marliah (64), warga Kampung Sunagar RT 17/02, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, hidup dengan keterbatasan.

Mak Marliah menjalani hidup diusia senjanya harus tinggal seorang diri di rumah tua peninggalan suaminya, yang meninggal tahun 2022 lalu.

Beliau menempati rumah tua berukuran 8 x 5 meter dengan kondisi memperihatinkan. Ia pun harus berjuang untuk hidup meski tak punya pekerjaan.

Baca juga:  Hendak Memancing Ikan, Warga Surade Temukan Mayat di Sungai Cikarang

Kondisi rumah Mak Marliah sudah tidak layak huni. Beberapa bagian rumah yang  terbuat dari anyaman bambu tersebut sudah nampak lapuk.

Untuk kebutuhan hidupnya sehari hari Mak Marliah dibantua oleh ke empat anaknya secara bergantian. Meskipun mereka hidup dalam kesederhanaan nampak terlihat bahagia.

Mak Marliah saat ini benar benar tak berdaya. Apalagi sudah tiga tahun ia menderita keterbatasan penglihatan. Diakuinya ingin sekali berobat namun tak punya cukup uang.

Baca juga:  Bantuan untuk Empud dan Novi Warga Surade Terus Mengalir

Mirisnya lagi, perempuan renta ini mengaku tak mendapatkan bantuan dari pemerintah. Kalaupun pernah mendapatkannya, itu dulu saat suaminya masih ada (hidup).

Kapungkur mah kantos kenging, Ngan saatosna bapana pupus teu kenging deui. Duka kunaon Ema mah teu ngartos. Dulu mah pernah dapat bantuan. Tapi, setelah suami meninggal dunia gak pernah dapat lagi. Entah kenapa, Emak juga gak ngerti,” ucap Marliah.

Baca juga:  HUT Polwan Ke 74, Inilah Kiprah Kanit PPA Polres Sukabumi

Ketika dikonfirmasi kepada RT setempat, awak media tidak berhasil menemuinya. Keterangan ahirnya bisa didapat dari Wakil Ketua RT. Menurutnya, Mak Marliah terdaftar sebagai penerima manfaat BPNT.

Tapi ketika Mak Marliah ditanya soal kartu BPNT, dia hanya geleng geleng kepala dan mengaku tidak punya kartu itu dan tidak pernah mendapatkan bantuan tersebut.

Pos terkait