Momentum Peringatan Hardiknas 2023 di Kabupaten Sukabumi “Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar”

Inilah momentum peringatan hari pendidikan nasional tahun 2023 di Kabupaten Sukabumi.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan upacara Hari Pendidikan Nasional (HPN) tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2023 berlangsung di lapangan Cangehgar Palabuhanratu, Selasa 2 Mei 2023

Peringatan HPN 2023 tersebut dengan mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dengan mengenakan pakaian beskap hitam dan blangkon coklat bercorak.

Bupati Sukabumi membacakan naskah pidato Kemendikbudristek RI Nadiem Anwar Makarim dengn berbunyi, hari pendidikan nasional tahun ini adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil.

Dengan merefleksikan hal-hal yang telah dilakukan sepanjang tiga tahun terakhir tersebut dapat merancang arah perjalanan kedepan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan merdeka belajar.

Baca juga:  Sosok Wiliam Johan dan Kejuaraan yang Pernah Diraihnya

Ada sebanyak 24 episode merdeka belajar yang sudah diluncurkan dan bisa membawa semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara. Pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan anggota masyarakat.

“Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya. Sekarang dapat menggunakan data asesmen nasional di platform rapor pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan”.

Para guru saat ini berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform merdeka mengajar. Selain itu, guru yang dulu diikat dengan berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka.

Baca juga:  Kadisdik Solihin, Jenguk Quinza Siswi SMPN 1 Lengkong Penderita Kanker Tulang

“Sejalan dengan kurikulum merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar”.

Tak hanya itu, mekanisme dana Indonesia yang fleksibel-pun dapat mewadahi gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya, sehingga mampu menghasilkan karya hebat yang mendukung kemajuan kebudayaan.

“Saudara-saudariku, mari kita ingat, bahwa bersama-sama kita telah membuat sejarah baru dengan gerakan merdeka belajar.
transformasi yang masih ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak, karena semuanya adalah hasil kerja keras dan kerja sama kita”.

Baca juga:  Bupati Resmikan Unit Pendederan Sidat, Perkuat Kerjasama Perikanan di Level Nasional

Mari semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi pelajar pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penyematan tanda kehormatan kepada 21 PNS lingkup Pemkab Sukabumi paling singkat 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun. Penyematan diawali dengan pembacaan surat keputusan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

Hadir dalam upacara HPN 2023 tingkat Kab. Sukabumi tersebut Kapolres, Dandim 0622, DPRD. Sekda, Staf Ahli Bupati, Asisten Ahli. Kepala Perangkat Daerah, Kabag, Camat Se-kabupaten Sukabumi serta undangan lainnya.*

Pos terkait