Nikmati Suasana Sejuk Khas Pegunungan di Situ Wanayasa Purwakarta

Situ Wanayasa berada di kaki Gunung Burangrang dengan ketinggian 600 meter di atas permukaan laut

LINGKAR PENA – Situ Wanayasa menjadi salah satu destinasi wisata di Purwakarta yang kerap dikunjungi wisatawan, baik daerah maupun luar daerah.

Terletak di Desa Wanasari, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Situ Wanayasa berada di kaki Gunung Burangrang dengan ketinggian 600 meter di atas permukaan laut dan luas sekitar 7 hektare.

Baca juga:  Mengenal Seni Domyak, Kesenian Khas Melegenda dari Purwakarta

Wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga untuk menghilangkan kepenatan. Pasalnya, suasana di sekitar Situ Wanayasa sangat sejuk khas pegunungan.

Di tengah-tengan, Situ Wanayasa terdapat pulau kecil yang sangat asri yang disebut Pasir Mantri.oleh masyarakat sekitar.

Dikabarkan, ada puluhan makam leluhur dan para ulama pada zaman dahulu di pulau tersebut. Adapun, jumlah makam kyai besar zaman dahulu sekitar 33 makam.

Baca juga:  BPBD Purwakarta Assessment Lokasi Pergerakan Tanah di Kecamatan Sukatani

Salah satunya makam Kyai Ageung atau yang memiliki nama asli Rd Tisna Direja bin Tirta Nagara. Beliau merupakan tokoh yang pernah menyarkan agama Islam di Wanayasa.

Di Situ Wanayasa ini, banyak spot-spot foto yang cocok bagi pengunjung untuk berburu foto instagramable.

Selain itu, pengunjung bisa berkeliling situ dengan menaiki wahana bebek air.

Baca juga:  Iwan Fals Siap Guncang Sukabumi, Tour Konser Gratis "Gaung Merah Segalanya"

Harga tiket pengunjung yang ingin menikmati Situ Wanayasa akan dikenakan tiket masuk Rp5 ribu. Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu.

Pos terkait