Para Eks Napi Kota Bogor, Gelar Silaturahmi dan Bukber

Paguyuban eks Narapaidana Paledang Bogor, menggelar silaturhami dan buka bersama serta bahas agenda halal bihalal, Minggu (24/4/22).| Foto: Istimewa

LINGKARPENA.ID – Perkumpulan esk narapidana Kota Bogor Jawa Barat, dalam waktu dekat akan menggelar pertemuan akbar dan halal-bihalal. Hal itu dibahas para eks narapidana Paledang, Bogor, saat acara silaturahmi dan buka bersama Ramadhan 1443 Hijriyah, Minggu (24/4/2022).

Kota Bogor, paada tahun 1872 telah diberlakukan sesuai Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) bagi pribumi. Kemudian pada tahun 1918 telah dikodifikasikan KUHP menjadi satu dan tidak ada lagi pembeda hukuman untuk kaum pribumi maupun eropa. Pada saat itulah, diterapkan hukum pidana penjara sebagai pidana pokok.

Baca juga:  Polair Ingatkan Nakhoda Keselamatan Nelayan

Pada dasarnya Narapidana atau Napi adalah terpidana yang berada dalam masa menjalani pidana atau hilang kemerdekaannya di lembaga permasyarakatan. Meskipun terpidana kehilangan kemerdekaannya, dilain sisi dari keadaan Napi ada hak-hak narapidana yang tetap dilindungi dalam sistem pemasyarakatan di Indonesia.

Sekelompok Eks (Mantan) Napi Paledang Bogor berkumpul untuk bersilaturahmi dan berbuka puasa bersama sembari membahas berbagai hal. Salah satunya mengusung soal tema Halal Bihalal serta bakti sosial yang akan mereka lakukan di Lapas Paledang yang tidak lain tempat mereka pernah mengamali pahit, manis, suka dan duka kehidupan didalam Lapas.

Pos terkait