Penjabat Wali Kota: Sesuai Arahan Presiden Pemda siap Lakukan Pengendalian Inflasi

LINGKARENA.ID | Pemerintah Kota Sukabumi bersiap melakukan pengendalian inflasi daerah sesuai arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Kepresidenan belum lama ini.

Pada pertemuan itu sebanyak 197 Penjabat Kepala Daerah, mulai dari Penjabat Gubernur, Bupati hingga Wali Kota menerima arahan Presiden Joko Widodo dalam pertemuan yang diselenggarakan di Istana Negara pada 30 Oktober 2023 lalu.

Dalam pertemuan itu Presiden Joko Widodo menekankan enam hal kepada para Penjabat Kepala Daerah. Diantaranya pengendalian inflasi di daerah dengan menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok.

Baca juga:  Ratusan Mahasiswa Syamsul Ulum Sukabumi Diwisuda

Kemudian kewaspadaan terhadap dampak El Nino yang berpotensi menurunkan jumlah produksi komoditas serta menjaga netralitas ASN selama pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan.

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, yang turut menghadiri pertemuan tersebut mengatakan, rapat yang diadakan oleh Bappeda ini tujuan utamanya untuk bagaimana mengendalikan tingkat inflasi di Kota Sukabumi.

“Bappeda akan melakukan beberapa upaya seperti menggelar pasar murah dan menyalurkan bantuan sosial,” jelas Kusmana.

Baca juga:  Gelapkan 25 Unit Mobil Rental, 5 Pelaku Dibekuk Satreskrim Polres Sukabumi Kota

“Peran bantuan sosial untuk masyarakat agar diarahkan dan cadangan pangan nasional terus ditingkatkan, termasuk bazaar murah kelihatannya harus dilakukan,” imbuh Kusmana.

Selain itu penyaluran bibit tanaman seperti dalam program Pekarangan Pangan Lestari juga akan dilakukan agar berbagai komoditas yang mempengaruhi nilai inflasi bisa dipenuhi secara mandiri oleh masyarakat.

“Kedepan bantuan bibit untuk pertanian yang perkotaan untuk ditanam di pekarangan itu menjadi prioritas, termasuk juga untuk daging. Nanti kita rancang sedemikian rupa. Sehingga komoditas yang mempengaruhi inflasi bisa dipenuhi oleh masyarakat,” pungkasnya.

Baca juga:  Melalui Jumat Keliling, Pemkot Sukabumi Perkokoh Silaturahmi dan Kebersamaan

Pos terkait