PWI Jabar Gelar OKK Perdana di Tahun 2024

Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat saat memberikan sambutan pada OKK Perdana 2024 di hadapan para peserta.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat merespon positif tingginya minat wartawan di Jawa Barat yang ingin bergabung dalam organisasi PWI. Respon positif tersebut salah satunya dilakukan dengan menggelar kegiatan Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) Perdana di Tahun 2024, di Aula PWI Jawa Barat, Jalan Wartawan II No 23, Kota Bandung, Kamis, 7 Maret 2024.

Kegiatan OKK Angkatan Tahun 2024 yang juga merupakan buah kolaborasi antara PWI Jawa Barat, bank bjb dan bjb syariah tersebut dibuka Sekretaris PWI Jawa Barat, Tantan Sulton Bukhawan dan diikuti sebanyak 28 peserta dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Disamping mendapatkan penguatan materi terkait keorganisasian yang dipaparkan Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jawa Barat, Ahmad Syukri, para peserta OKK juga dibekali materi-materi menarik lainnya mulai dari Mengenal Rambu-rambu Pers, Teknik Menulis Berita, Kode Etik Jurnalistik, serta Transormasi Media dan Tantangan Wartawan di Era Digital.

Baca juga:  Rangkaian Kegiatan HPN Lancar, Sekda Kota Sukabumi: Ini Ajang Silaturahmi

Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat mengungkapkan, kegiatan OKK digelar sebagai respon terhadap tingginya minat wartawan untuk bergabung sebagai anggota PWI. Disamping itu, lanjut Hilman, OKK juga menjadi bagian dari proses bagi calon anggota yang ingin bergabung.

“Selamat datang dan selamat bergabung kepada teman-teman. Semoga pilihan untuk bergabung dengan PWI ini menjadi jalan kebaikan dan tentu saja untuk semakin meningkatkan profesionalitas kita. Mengingat tantangan dunia wartawan saat ini sangatlah besar. Sehingga bukan hanya peningkatan kemampuan yang dibutuhkan, tetapi bagaimana kita juga dapat terus meningkatkan profesionalitas kerja kita,” kata Hilman Hidayat di hadapan para peserta OKK.

Baca juga:  Sinergi Satradar 216 Cibalimbing Bersama Polri dan Forkopimda Sukabumi Tanam Mangrove Serentak

Dalam kesempatan tersebut, secara khusus Hilman mewanti-wanti para calon anggota untuk menjaga marwah dan nama baik PWI, jika sudah resmi mendapatkan kartu anggota. Yang kedua Hilman juga mengajak para peserta untuk bersama-sama memajukan organisasi dan memberikan kontribusi nyata, sekecil apapun demi kemajuan organisasi.

“Yang paling penting tolong jaga nama baik organisasi. Jangan sampai kita sebagai anggota malah menodai organisasi dengan prilaku-prilaku tidak terpuji. PWI memang tidak dapat memberikan apapun bagi temen-temen yang bergabung. Namun tentu organisasi akan memberikan advokasi bagi para anggota yang mungkin di lapangan menemui permasalahan yang berkaitan dengan sengketa berita atau peliputan,” tegasnya.

Baca juga:  Forkopimcam Kebonpedes Lakukan Pengecekan Kesiapan Paskibra Kecamatan

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jabar yang juga Ketua Panitia Penyelenggara, Ahmad Syukri menambahkan, setelah OKK, dalam waktu dekat, tepatnya bulan Juni 2024, PWI Jawa Barat juga akan menggelar kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) fasilitas Dewan Pers.

“Untuk teman-teman yang ingin mengikuti UKW secara gratis ini, dapat menghubungi PWI Jawa Barat. Terutama untuk teman-teman yang nanti lulus OKK, maupun teman-teman lainnya yang sudah memenuhi syarat dapat segera mendaftarkan diri karena kuotanya terbatas,” pungkas Ahmad Syukri.**

Pos terkait