Ratusan kendaraan plat merah nunggak pajak di Kabupaten Sukabumi / Lingkarpena/

Ratusan Kendaraan Dinas Pemerintah Kabupaten Sukabumi Nunggak Pajak

KABUPATEN SUKABUMI

LINGKARPENA.ID – Puluhan kendaraan plat merah yang dimiliki sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berada di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi tercatat nunggak pajak.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Pendataan dan Penetapan Samsat Cibadak Kabupaten Sukabumi Romlah Wikardi saat konferensi pers di Aula UPTD Pusat Pelayanan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW), Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis (18/11/2021).

Romlah Wikardi menjelaskan, berdasarkan data yang tercatat kendaraan plat merah yang berada di wilayah kerja UPTD P3DW Kabupaten Sukabumi 1 Cibadak, terhitung dari Januari 2021 hingga akhir Oktober 2021 terdapat 331 kendaraan plat merah nunggak pajak.

Baca juga:  Ini Jumlah Bencana di Kabupaten Sukabumi Selama Dua Hari?

Ratusan kendaraan yang merupakan mobil dinas tersebut, terdiri dari 100 KBM jenis kendaraan roda dua dan sebanyak 221 KBM dari kendaraan roda empat.

“Kendaraan Bermotor yang belum daftar ulang ada 55 KBM, untuk kendaraan roda empat, dan enam KBM untuk kendaraan roda dua. Sedangkan untuk kendaraan yang tidak melakukan daftar ulang terdapat 12 KBM dari kendaraan roda dua dan 66 KBM untuk kendaraan roda empat,” jelasnya.

Romlah mengatakan, kendaraan plat merah yang belum menunaikan kewajibannya untuk membayar pajak ini, dinilai rendah jika dibandingkan dengan kendaraan plat merah yang berada di wilayah kerja Palabuhanratu.

Baca juga:  Dapat Bantuan Uang 1,2 Juta, Warga Desa Cijangkar Sukabumi, Sumringah

“Jika dibandingkan dengan wilayah kerja Palabuhanratu, di sana lebih banyak kendaraan plat merah yang belum membayar pajak. Mudah-mudahan ini dapat segera di selesaikan oleh Kabupaten Sukabumi,” katanya.

Ia juga menyebut bahwa saat ini UPTD P3DW Kabupaten Sukabumi 1 Cibadak hanya memberikan sanksi administrasi saja sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku.

“Untuk nominalnya saya harus melihat dulu data yang dirincikan dulu. Namun, kalau mengenai sanksi kami secara langsung akan memberikan denda sesuai dengan undang-undang, yakni membayar pokok pajak dan denda,” ujarnya.

Baca juga:  Warga Gunakan Perahu Lewati Ruas Jalan Sagaranten-Tegalbuleud, Air Masih Diketinggian 60 CM

Kendati demikian, sambung Romlah, kini UPTD P3DW Kabupaten Sukabumi 1 Cibadak telah memberikan kemudahan bagi siapa saja yang telah menunggak pajak, baik untuk kategori KTMDU maupun KBMDU melalui program Triple Untung Plus.

“Jadi pada kesempatan program Triple Untung Plus ini, semua denda akan hilang atau di nol kan, maka saya sarankan agar segera membayar atau menunaikan kewajiabnya,” pungkasnya.***

Tinggalkan Balasan