Rumah Ambruk dan Longsor di Parakansalak Sukabumi, Korban Jiwa?

FOTO: Rumah warga Kecamatan Parakansalak Sukabumi ambruk pasca diguyur hujan deras.| istimewa/P2BK

LINGKARPENA.ID | Guyuran hujan dengan intensitas tinggi pada Sabtu, 25 Mei 2024, sekira pukul 05.30 WIB, sehingga mengakibatkan terjadinya bencana longsor di tiga lokasi di Parakansalak Kabupaten Sukabumi.

Ketiga lokasi tersebut antara lain di Kampung Tangkil RT 05/03 Desa Lebak Sari, Kampung Pasir RT 01/04, Desa Bojonglongok dan Kampung Gaduh RT 05/02 Desa Bojongasih, Kecamatan Parakansalak.

Baca juga:  Perahu Nelayan Terbalik di Perairan Cianjur, Simak Nasib ABK dan Kemudinya!

Akibat longsor di Kampung Lebaksari itu ruas jalan desa sepanjang 20 meter amblas. Sementara di Kampung Bojonglongok jalan lingkungan sepanjang 10 meter habis digerus air.

Jalan Desa yang terdampak longsor akibat hujan deras.| ist

Selain itu di Kampung Bojongasih sebuah rumah milik Subarna yang dihuni dua jiwa, sekira pukul 08.30 WIB, ambruk bagian dapur dan kamar mandi.

“Ya, ada tiga titik lokasi yang terdampak bencana akibat guyuran hujan siang tadi. Hingga sore tadi kami belum mendapatkan informasi titik bencana lainnya,” ujar Jujun P2BK Parakansalak dalam keterangannya.

Baca juga:  Rumah Lansia di Gegerbitung Sukabumi Ambruk

Pasca kejadian, Forkopimcam, P2BK, Tagana, Babinsa, Babinkamtibmas, Satpol-PP, Pemdes, Satgas dan Linmas, datangi lokasi guna asessment.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan P2BK Parakansalak Jujun Juaeni menegaskan, kebutuhan mendesak untuk menanggulangi bencana longsor ini dibutuhkan bersifat segera seperti kawat Bronjong, karung dan terpal, serta sembako.

Lanjut Jujun, dalam peristiwa tersebut bersyukur tidak terdapat korban jiwa. Namun pihaknya tetap menghimbau warga sekitar untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.

Baca juga:  Jalan Provinsi tak Kunjung Diperbaiki, Warga dan Ormas Lakukan Aksi Serentak Hari ini

“Kami himbau warga dan ingkatkan kewaspadaan menghadapi cuaca ekstrim yang sering terjadi,” pungkasnya.

Pos terkait