Wabup Buka Turnamen Penjaga Pantai Tahun 2023

LINGKARPENA.ID | Puluhan peserta dari beberapa daerah mengikuti event Palabuhanratu Lifeguard Tournament 2023, di Pantai Ruang Terbuka Hijau (RTH) Citepus Palabuhanratu, Sabtu, 11 November 2023. Event rutin tahunan tersebut dibuka Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri.

Beberapa daerah yang akan bertanding pada event tersebut antara lain, Balawista Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Badung Bali, Kabupaten Gianyar Bali, Bintan Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Kebumen Jateng, Kabupaten Pangandaran, Sawarna Lebak Banten, dan Batukaras.

Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri mengaku bangga Pantai Palabuhanratu dijadikan sebagai ajang menonjolkan ketrampilan dan ketangkasan penyelamat pantai. Menurutnya, pantai Palabuhanratu dengan luas sepanjang 117 kilometer tersebut butuh tim penyelamat pantai yang handal dan cekatan.

Baca juga:  Jasad yang Ditemukan di Pantai Palabuhanratu Terungkap

“Kompetisi ini menjadikan uji ukuran dan kekuatan dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2023-2024,” ujarnya

H Iyos menjelaskan, peran Balawista ini sangat penting dalam memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pengunjung yang datang. Untuk itu, Balawista harus mampu mengendalikan situasi bahaya yang dapat mengancam keselamatan jiwa.

“Sehingga apabila terciptanya balawista yang handal dan cekatan, maka akan meminimalisir resiko terjadinya laka laut di Kab. Sukabumi,” jelasnya.

Baca juga:  Ratusan Hektar Sawah di Cibuntu Kekeringan

Pemkab. Sukabumi terus mendorong adanya Balawista di Kabupaten Sukabumi untuk mengamankan kawasan pantai sepanjang 117 kilometer. Apabila tim Balawista memiliki skil yang baik dalam memberikan keamanan dan kenyamanan kepada para pengunjung, maka kawasan pariwisata daerah akan semakin lebih baik.

Sebelumnya, Ketua Panitia event Palabuhanratu Lifeguard Tournament 2023, Erik Setiawan, menjelaskan, event tersebut sebagai ajang pembuktian bahwa Balawista hadir dalam mendukung terwujudnya pariwisata yang berkelanjutan berdasarkan quality tourism (pariwisata berkualitas).

Baca juga:  PNS dan Orang Meninggal Masuk ke Data Penerima BST Desa Cidadap

Terdapat enam cabang olahraga pada event ini, antara lain, cabang olahraga Beach Sprint, Long Sprint, Run Swim Run, Board Rest, Board Resque Rest, Dis plage dan Beach Plage.

“Standar kecepatan dalam lomba mencakup jarak 400 meter dengan batasan waktu 6-8 menit di laut,” terangnya.

Event Lifeguard Tournament 2023 memberikan warna di Pantai Citepus menampilkan potensi dan kualitas lifeguard dari berbagai daerah untuk bersaing sekaligus memperkuat persaudaraan di antara mereka.**

Pos terkait