4 Daerah Recruitment Calon Komisioner KPU Jabar III Diulang, Salah satunya Kota Sukabumi

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jawa Barat Hedi Ardia, saat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media.| Foto: Istimewa

LINGKARPENA.ID | Recruitment Calon Komisioner Anggota KPU di wilayah Jawa Barat III bakal diulang kembali. Saat ini terdapat empat daerah yang mengalami kekosongan komisioner yakni Cianjur, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kota Depok.

Hal tersebut di sampaikan Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jawa Barat Hedi Ardia seusai KPU RI mengumumkan recruitment calon komisioner yang ada di 87 kota kabupaten pada 28 Oktober 2023. Jumlah seharusnya adalah 91 kota kabupaten.

Namun Hedi menyampaikan ada 4 daerah yang tidak disebutkan sebab ditunda pengumumannya tersebut.

“Iya betul, hal itu terjadi disinyalir lantaran adanya anggota tim seleksi Jabar III yang memiliki keterlibatan dengan puhak partai politik,”, kata Jedi Ardia kepada para wartawan, Senin (30/10/2023).

Baca juga:  Pengalaman jadi Pengurus Partai, Kader PAN ini Akui Miliki Kualifikasi Menuju Jajaway

Lanjut dia, itu memang sudah ada informasi untuk proses seleksi KPU kabupaten kota di Jabar 3 Cianjur, Sukabumi, Kota Sukabumi dan Depok memang itu diulang lagi prosesnya jadi tahapan administrasi yang seperti teman teman ketahui bersama.

“Ini adalah dalam rangka memastikan bahwa proses recruitment KPU di empat kabupaten kota ini sesuai dengan prosedur dan aturan sehingga perlu dilakukan seleksi ulang,” ucapnya.

“Adapun dalam proses recruitment calon komisioner KPU perlu dilaksanakan secara secara netral atau tidak terafiliasi dengan partai politik manapun, dimulai dari anggota tim seleksinya,” imbuhnya.

Dikarenakan ada salah satu Timsel yang terindikasi sambung dia, terafiliasi dengan partai politik dan ini tentu saja untuk menjaga kredibilitas proses recruitment yang tidak ada intervensi atau campur tangan dari peserta pemilu maka dipandang perlu untuk dilakukan recruitment lah begitu.

Baca juga:  Pengawas TPS Pemilu 2024 Kota Sukabumi Dilantik, Begini Pesan Bawaslu

“Maka dari pada itu akibat dari adanya temuan tersebut, pengulangan kembali recruitment calon komisioner KPU di Jabar III diumumkan KPU RI pada saat menit akhir,” ungkapnya.

Meskipun demikian tambah Hedi Ardia, Tim seleksi itu banyak bukan hanya di Jabar III saja gitu, banyak daerah yang melakukan ini. Kemudian juga kita sudah sampaikan di awal bahwa editorial Timsel ini ABC dan lain sebagainya tapi kan selalu ada saja faktor faktor yang di luar kehendak kita.

Baca juga:  Konsolidasi Internal Partai, Ribka: PDIP Targetkan 7 Kursi untuk Kota Sukabumi

“Saya pastikan, pengulangan kembali recruitment calon komisioner KPU di kota/kabupaten Sukabumi, Cianjur, dan Depok tidak akan berpengaruh pada proses tahapan pemilu 2024. Dan juga bisa dipastikan semua tahapan pemilu termasuk di Kota Sukabumi tidak terganggu karena untuk kebijakan kebijakan strategis tahapan pemilu ini diambil alih oleh KPU provinsi,” tuturnya.

Disinggung wartawan terkait soal gugurnya para calon komisioner yang sudah daftar akibat hal tersebut, Hedi menyebut belum bisa untuk memastikannya.

“Saya tidak bisa mengatakan menggugurkan atau tidak. Yang pasti prosesnya dari awal lagi, KPU Provinsi Jawa Barat pun masih menunggu arahan dari KPU RI untuk waktu proses mendapatkan komisioner kembali di wilayah Jabar III,” cetusnya.

Pos terkait