DP2KB3A Kota Sukabumi Sampaikan BKB Astrajingga, Kelurahan Cipanengah Terpilih BKB Tingkat Jabar

LINGKARPENA.ID | Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Sukabumi, menyampaikan bahwa Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Astrajingja dari Kelurahan Cipanengah, Kecamatan Lemburistu, berhasil terpilih mewakili perlombaan PKB di tingkat Jawa Barat.

Dari informasi yang diperoleh Lingkarpena.id pada 15 Juni 2023 sudah dilakukan peninjauan lapangan dari Pemerintah Provinsi Jawa barat (Pemprov Jabar).

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Keluarga Sejahtera (PPKS) DP2KBP3A Kota Dukabumi dr. Wiwi Edhie Yulaviani mengatakan, pada Mei 2023 lalu sudah mengirimkan profil Kelompok BKB tersebut dan akhirnya terpilih Kelompok BKB Astrajingja.

Baca juga:  Pimpinan Cabang IMM Sukabumi Raya Periode 2022-2023 Resmi Dilantik

“Jumlah total BKB di Kota Sukabumi terdapat 127 kelompok. Tetapi yang dapat mengikuti perlombaan terpilih hanya BKB Astrajingga untuk mengikuti perlombaan di tingkat Jabar,” kata Wiwi kepada Lingkarpena, Rabu (21/06/2023).

Berdasarkan informasi yang diperoleh, sambung dia, terdapat tujuh BKB yang bakal mewakili ketingkat nasional.

“Alhamdulillah PKB Kota Sukabumi berhasil terpilih mewakili Jabar untuk maju di tingkat nasional.

Baca juga:  Raih Terbaik Audit Penurunan Stunting di Jabar, Kota Sukabumi Jadi Percontohan

Dijelaskan Wiwi berbagai persiapan BKB sudah dilakukan dari jauh hari. Seperti dengan melakukan pembinaan berjenjang yang diselenggarakan Balai Penyuluh KB kecamatan.

“Kemudian ada juga pelatihan dalam bentuk zoom orientasi Kerabat (Kelas Orang Tua Hebat red). Hal ini, bagian dari peningkatan kapasitas untuk kader,” ungkapnya.

Masih kata dia, adapun kriteria untuk bisa terpilih mengikuti perlombaan tersebut yakni, kelompok BKB harus sudah terintegrasi dengan Posyandu, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan kegiatannya kolaborasi.

Baca juga:  Antisipasi Kekeringan Dampak El Nino, DKP3 Siapkan Langkah-langkah Ini

“Ya, BKB yang diikut sertakan semuanya sudah HI (Holistik Integratif). Semoga saja BKB dari Kota Sukabumi dapat lolos hingga tingkat nasional,” pungkasnya.

Pos terkait