Hari Ke 12 TMMD 116 Kodim 0607 Kota Sukabumi, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan

TNI Manunggal Membangun Desa TMMD 116 Kodim 0607 Kota Sukabumi hari ke 12 dilaksanakan kegiatan Wawasan Kebangsaan.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa TMMD 116 hari ke 12 Kodim 0607 Kota Sukabumi bertepatan dengan diperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke 115 tahun 2023.

Pada kegiatan TMMD non fisik ini Kodim 0607 /Kota Sukabumi yang dipusatkan di Desa Jambenenggang, digelar penyuluhan Wawasan Kebangsaan. Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula Kantor Desa Jambenenggang, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Senin (22/05/2023).

Pemateri Wawasan Kebangsaan disampaikan oleh Pasi Ter Kapten Inf. Ojang (mewakili Dandim 0607/Kota Sukabumi). Peserta yang hadir diantaranya Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda warga masyarakat Desa Jambengenggang.

Pasi Ter Kodim 0607 Kapten Inf. Ojang menyampaikan, bangsa Indonesia selaku negara yang tidak dapat menjauhi tantangan globalisasi. Dengan berpegang pada UUD 1945 dan Pancasila, generasi muda bisa mempertahankan jati diri serta eksistensinya.

Baca juga:  Kades Sukakersa Dilantik Menjadi Ketua DPC Apdesi Kabupaten Sukabumi Periode 2020-2025

“Jadi, dengan memantapkan moralitas serta etika lewat pembelajaran Pancasila, generasi muda Indonesia bakal lebih siap untuk menghadapi era globalisasi serta mempertahankan fakta diri Indonesia disaat yang bersamaan,” terang Kapten Inf. Ojang.

Kapten Ojang mengatakan, nilai kebudayaan yang jadi ciri bangsa Indonesia sendiri, seperti gotong-royong, silahturahmi, ramah-tamah dan keistimewaan. Hal itu sebagai dasar yang bisa menjadikan masing-masing orang warga Indonesia untuk saling mencintai serta melestarikan kebudayaan bangsa sendiri.

Baca juga:  SPI Kecam Perusahaan yang Melarang Warga Beraktivitas di Perkebunan

“Jadi ciri masyarakat Indonesia yang diketahui selaku masyarakat yang ramah, sopan-santun saat ini tuh mulai pudar. Ya semenjak masuknya budaya asing ke Indonesia. Ini akibat kita tidak bisa memilah dengan baik. Hingga, dalam hal ini pemerintah mempunyai peran penting untuk mempertahankan nilai-nilai kebudayaan Indonesia dalam kehidupan masyarakatnya,” tandasnya.

Kapten Ojang menambahkan, “Sebagaimana diketahui, kondisi terakhir yang kita ketahui bersama, pendidikan mental untuk generasi muda saat ini sangat penting sekali. Untuk itu, penyuluhan Wawasan Kebangsaan ini sangat penting adanya,” tegas Pasi Ter Kodim 0607 Kota Sukabumi ini.

Kegiatan Wawasan Kebangsaan ini bertujuan untuk membentuk generasi muda sekaligus mengingatkan kembali akan nilai-nilai kebangsaan, sebagai pedoman berbangsa dan bernegara yakni UUD 1945, Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

Baca juga:  PLUT KUKM Gandeng Pemdes Mangkalaya Gelar Sosialisasi Pendaftaran Legalitas UKM

Dijelaskan Kapten Ojang, Wawasan Kebangsaan kali ini dengan menyasar para Ibu Rumah Tangga juga. Pasalnya,  para Ibu ini sering berada di rumah sehingga diharapkan dapat memberikan pembinaan dan membimbing anak anaknya.

“Generasi muda di era globalisasi ini harus memiliki rasa nasionalisme yang tinggi melalui pemahaman kebangsaan. Sebagai warga Negara Indonesia, haruslah mempunyai rasa nasionalisme terhadap tanah air Indonesia,” pungkasnya.

 

Sumber:(Pendim 0607).

Pos terkait