Ini Mandat Malipir Sukabumi ke Gus Imin untuk 2024

Masyarakat Lintas Pesisir (MALIPIR) Sukabumi saat mendeklarasikan dukungan untuk Abdul Muhaimin Iskandar Gus Imin.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam komunitas Masyarakat Lintas Pesisir (MALIPIR) Kabupaten Sukabumi, menggelar aksi deklarasi dukungan (4/7/23) kepada Abdul Muhaimin Iskandar atau yang kini akrab disapa Gus Imin, untuk menjadi Calon Presiden pada perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 yang akan datang.

Aksi deklarasi ini sebagai bentuk apresiasi kepada Gus Imin, karena dinilai sebagai tokoh nasional yang paling konsisten dalam memperjuangkan kepentingan dan kesejahteraan masyarakat pesisir. Hal tersebut bisa dicek dari jejak rekam Gus Imin selama ini.

“Secara objektif harus kami katakan, bahwa Gus Imin telah secara istiqomah terus memperjuangkan kepentingan masyarakat pesisir. Hal tersebut dibuktikan Gus Imin, selalu berbicara lantang terkait bagaimana seharusnya negara memperlakukan masyarakat pesisir,” ungkap Asep (49) selaku koordinasi aksi dalam orasinya.

Baca juga:  Kodim 0607 Jadi Titik Gelaran Manasik Haji Himpaudi Kota Sukabumi

Asep menjelaskan bahwa keberpihakan Gus Imin kepada masyarakat pesisir juga ditandai dengan mengkritisi berbagai kebijakan yang dinilai tidak cukup adil bagi masyarakat pesisir yang notabene warganya berprofesi sebagai nelayan.

Seperti ketika menerima sejumlah asosiasi nelayan di Indonesia yang audiensi dengan Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin).

Asosiasi ini menyuarakan keberatan terhadap Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Sektor Perikanan pasca diterbitkannya PP 85 tahun 2021 tentang tarif PNBP sektor perikanan.

Baca juga:  20 Baja Polda Jabar: Disambut Kabag SDM Polres Sukabumi Kota

“Saya ingat betul bagaimana pada saat itu Gus Imin sangat peduli terkait dampak dari pemberlakuan PP 85 yang merugikan bagi nelayan dan pelaku usaha perikanan karena perbedaan tarif dan kenaikan pungutan yang tidak wajar,” beber Asep.

Sementara itu menurut Sheptya (23), salah satu peserta aksi deklarasi juga ikut memberikan jawaban sekaligus pandangan, mengapa dirinya termasuk sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

“Terus terang saya mencermati beberapa figur yang selama ini muncul kepermukaan yang digadang-gadang menjadi kandidat calon Presiden. Dari sekian figur, sosok Gus Imin menarik perhatian saya, setelah saya pelajari satu persatu dari beberapa nama,” katanya.

Baca juga:  Target 500 Peserta, Ini Vaksin Polres Sukabumi Kota dengan Support Sembako

Salah satu pertimbangan lain, kenapa Sheptya memilih Gus Imin untuk diberi mandat yang sumbernya dari komunitas MALIPIR, juga merujuk hasil kajian Indonesian Youth Awakening Center (IYAC).

“Kajian IYAC semakin meyakinkan kami, untuk menyerahkan mandat kepada Gus Imin. Dan kami percaya bahwa Gus Imin memiliki kemampuan untuk mengantarkan negara ini, menjadi negara maritim yang juga ramah kepada rakyatnya, terutama masyarakat pesisir,” pungkas Tya.

Pos terkait