Jelang 1 Ramadan, Ini Harga Bahan Pokok di Pasar Palabuhanratu

Pasar semi modern Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Harga beberapa kebutuhan pokok di pasar semi modern Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, naik menjelang ramadan 1445 H yang jatuh pada Selasa, (12/3/24) besok.

Kenaikan harga tersebut terjadi pada daging sapi yang sebelumnya harga Rp 125.000 per kilogram menjadi Rp 150.000 per kilogram, daging kerbau dari Rp 130.000 per kilogram menjadi Rp 140.000 per kilogram, daging ayam dari Rp 38.000 per kilogram menjadi Rp 45.000 per kilogram, dan telur ayam dari Rp 28.000 per kilogram menjadi Rp 32.000 per kilogram.

Baca juga:  Pasokan Daging dan Kentang di Pasar Palabuhanratu Meningkat

Menurut Maulana, yang mencatat harga kebutuhan pokok dan penting di pasar semi modern Palabuhanratu, kenaikan harga tersebut terjadi pada saat musim ramadan, dimana permintaan cenderung meningkat tetapi pasokan tidak bertambah banyak.

“Stok atau persediaan masih aman hingga siang ini, karena permintaan tidak terlalu banyak,” kata Maulana, kepada wartawan, Senin (11/3/24).

Sementara untuk harga lainnya seperti beras, harganya masih stabil atau normal seperti pekan-pekan sebelumnya, bahkan ada beberapa jenis beras yang mengalami penurunan harga seperti beras jenis medium yang sudah turun harganya menjadi Rp 15.000 per kilogram yang awalnya Rp 17.000 perkilogram.

Baca juga:  Barang Bekas dan Antik Hasilkan Rezeki Berlimpah

Tidak hanya itu, beras jenis premium juga turun harga menjadi Rp 17.000 per kilogram dari harga pekan pekan sebelumnya Rp 18.000 perkilogram serta beras jenis SPHP menjadi Rp 10.900 perkilogram.

“Beras masih normal seperti kemarin, pekan kemarin kan mulai turun seribu rupiah masing masing,” jelasnya.

Sementara lanjut Maulana harga kebutuhan pokok lainnya seperti gula pasir, minyak goreng curah, minyak goreng kemasan premium, cabai merah besar, cabai merah kriting, cabai rawit merah, dan cabai rawit hijau dianggap masih stabil atau normal.

Baca juga:  Pemkab Sukabumi Pastikan Stok Beras Jelang Ramadhan Aman

“Kami berharap tidak ada lagi kenaikan harga yang tidak wajar dan akan terus memantau harga-harga tersebut,” tandasnya.

Pos terkait