Ketua Apdesi Sukabumi Gelar Pertemuan Penting dengan Mendagri

FOTO: Deden Deni Wahyudin bersama Mendagri Tito Karnavian saat bertemu dengan sejumlah perwakilan APDESI | Istimewa

LINGKARPENA.ID | Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) menggelar rapat koordinasi (Rakor) penting bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, di kawasan Jakarta, Senin, 3 Juni 2024. Pertemuan tersebut guna membahas strategi penguatan kerjasama antara pemerintah desa dan pemerintah pusat.

Rakor tersebut dihadiri oleh sejumlah perwakilan APDESI di Indonesia. Salah satunya APDESI Cabang Kabupaten Sukabumi Deden Deni Wahyudin. Kehadiran Deden juga turut memperkaya diskusi dalam acara pertemuan bersama Mendagri tersebut.

Diskusi antara APDESI dan Mendagri Tito Karnavian berlangsung dengan penuh antusiasme dan prospektif. Tujuan dalam pertemuan itu guna menjalin kerjasama yang lebih erat guna mendukung pembangunan di tingkat desa.

Deden Deni Wahyudin, pada acara tersebut turut memberikan kontribusi berharga. Dalam pembahasannya Deden menyatakan,  untuk memajukan pemerintahan desa dan memperkuat kemitraan antara pemerintah daerah dan pusat harus dibanguan lebih erat.

Baca juga:  Momen Halal Bihalal PCNU Kabupaten Sukabumi, Bupati Marwan: Penguatan Sinergitas Umaro Ulama dan Masyarakat

Menurut Deden, rapat koordinasi ini dipandang sebagai langkah positif dalam menyatukan visi dan upaya antara pemerintah desa dan pemerintah pusat guna mencapai tujuan bersama dalam memajukan kesejahteraan masyarakat di tingkat lokal.

“Rakor tadi menunjukkan komitmen saya untuk berperan aktif dalam pembangunan daerah dan mewujudkan perubahan positif bagi wilayah Sukabumi kedepan,” kata Ketua APDESI Sukabumi, Deden Deni Wahyudin kepada awak media.

Lebih lanjut. Deden menjelaskan, dalam rapat koordinasi tadi, Mendagri Tito Karnavian memberikan arahan dan saran yang berharga kepada perwakilan APDESI terkait upaya memperkuat tata kelola pemerintahan desa. Selain itu bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mempercepat pembangunan di tingkat desa.

Baca juga:  UPP Kabupaten Sukabumi Ikuti Rakernas Secara Virtual, Launching Aplikasi Siduli

“Diskusi tadi intinya bagaimana membuka ruang untuk berbagai ide dan inovasi guna mengoptimalkan peran serta pemerintah desa dalam menjalankan roda pemerintahan yang efektif dan efisien,” imbuh Ketua APDESI Sukabumi itu.

Menurut Deden, melalui kerjasama yang terjalin, Mendagri juga akan segera mengeluarkan surat edaran yang mendorong para kepala desa untuk segera melaksanakan pelantikan dan pengangkatan perpanjangan masa jabatan kepala Desa paling lambat bulan Juni ini.

“Tentu langkah ini sangat diharapkan oleh seluruh kepala sesa agar dapat mempercepat proses administratif dan organisasi di tingkat desa. Selain itu juga memastikan kontinuitas kepemimpinan yang stabil dan efektif bagi kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakatnya,” tandas Deden.

Baca juga:  Ketua DPC APDESI Sukabumi Hadiri Halal Bihalal Kades Se-Dapil Empat

Kehadiran Deden Deni Wahyudin dalam acara ini memberikan dorongan positif dalam upaya menjembatani komunikasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat dan masyarakat desa tentunya.

Dukungan yang diberikan oleh para pihak sangat diharapkan dan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam memajukan pemerintahan desa demi mewujudkan kemajuan yang berkelanjutan bagi Sukabumi.

“Acara ini menjadi momentum penting dalam memperkuat kerjasama lintas sektoral. Ya tujuannya demi terwujudnya pemerintahan yang inklusif, transparan dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.**

Pos terkait