Ketua LSM Dampal Jurig bersama petugas dan Pemdes Cipetir, siap tanam pohon. [Foto: Ist]

LSM Dampal Jurig Gandeng Muspika Kadudampit Tanami Pohon Lokasi Pasca Longsor

KABUPATEN SUKABUMI SOSIAL

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Lembaga Swadaya Masyarakat LSM Dampit Peduli Lingkungan Jurang Rimba Gunung (Dampal Jurig) bekerjasama dengan pemerintah desa (Pemdes) Cipetir dan Babinkamtibmas Polsek Kadudampit melakukan aksi nyata antisipasi bahaya bencana tanah longsor.

Aksi itu merupakan penanaman pohon di beberapa titik lokasi pasca longsor yang terjadi di wilayah Kecamatan Kadudampit, pekan lalu.

Meurut Ketua LSM Dampal Jurig Irvan Azis mengatakan, langkah itu merupakan bentuk antisipasi guna meminimalisir terjadinya bencana longsor. Dengan gerakan menanam pohon di lereng yang rawan longsor diharapkan dapat mengurangi longsor di kemudian hari.

Baca juga:  Ketua DPW Gasak 46 SC: Jadilah Kader Pelopor Jangan Jadi Pengekor

“Untuk penanaman tahap awal ada, sebanyak 200 pohon sudah ditanam tadi. Ya, penanaman pohon nantinya akan dilakukan secara bertahap,” ujar Ketua LSM Dampal Jurig, Irvan Azis, kepada awak media, Jumat (12/11) sore.

Dikatakan Irvan, ada beberapa jenis pohon yang ditanam di lokasi pasca longsor. Jenis pohon konservasi seperti Sengon, Trembesi, Kepuh, Tabe Merah, Katapang untuk pohon keras. Untuk tanaman produktif buah-buahan seperti Alpukat, Sirsak, Pete, Jengkol, Jambu dan lainnya.

Baca juga:  Baksos LSM Dampal Jurig, Tanam 500 Pohon di Tempat Sejarah Bojongkokosan

Irvan menegaskan, organisasi yang di pimpinannya akan terus continue melakukan gerakan penanaman pohon. Tujuannya hanya satu, yaitu penyelamatan lingkungan hidup dan konservasi alam di berbagai wilayah di Kabupaten Sukabumi ini.

“Ya, sesuai instruksi Pak Bupati Sukabumi yang merupakan Ketua Dewan Penasehat LSM Dampal Jurig untuk terus melanjutkan kebaikan dalam segala hal. Meski dari hal ‘Kubuktos Sanes Ku Waos,” cetusnya.

Sementara itu, Kades Cipetir dengan didampingi staf desa dan Babinkamtibmas Polsek Kadudampit mengucapkan terima kasih atas bantuan bibit pohon yang diberikan BPDASHL Ciliwung Citarum itu. Tentunya melalui LSM Dampal Jurig. Kedepannya pihaknya berharap kegiatan ini berkelanjutan dalam berbagai hal kegiatan peduli lingkungan dan alam.

Baca juga:  LSM Dampal Jurig, Support Warga Cibodas Palabuhanratu, Manfaatkan Lahan Agar Produktif

“Semoga tidak lagi terjadi bencana tanah longsor yang dampaknya merugikan semua. Saya mengajak masyarakat agar menjaga lingkungan hidup serta menghimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan. Budayakan hidup sehat apalagi di masa pandemi covid-19 yang masih melanda,” tambahnya.

 

 

Redaksi: Lingkarpena.id
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan