Luncurkan Gilas Sampah, Mendagri Ingin Seluruh Pemda di Indonesia Lakukan

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian saat meluncurkan Gerakan Inovasi Langsung Aksi Tuntaskan Sampah atau #GILAsSampah di Pantai Jerman, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (17/4/2022).|Foto: Istimewa

LINGKARPENA.ID – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meluncurkan Gerakan Inovasi Langsung Aksi Tuntaskan Sampah atau #GILAsSampah di Pantai Jerman, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (17/4/2022).

Dalam kesempatan itu, Mendagri mengatakan penanganan sampah hendaknya tidak hanya dilakukan Provinsi Bali semata, melainkan juga perlu menjadi atensi seluruh pemerintah daerah (pemda) di Indonesia.

Baca juga:  Kapolda Jatim: Cek Lokasi Kapal Sungai Tenggelam dan Terjunkan Tim Pencarian di Rengel Tuban

Mengingat Provinsi Bali menjadi salah satu tuan rumah rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia. Kata Mendagri, penanganan sampah yang optimal serta lingkungan yang bersih mesti benar-benar diperhatikan. Sebab, aspek ini menjadi representasi wajah Provinsi Bali secara khusus dan Indonesia secara umum, dalam mengimplementasikan kebudayaan timur yang sopan, bersih dan aman. Apalagi, dalam pelaksanaan G20, salah satu tema yang diangkat yakni mengenai persoalan iklim dan pemanasan global.

Baca juga:  Pimpin Apel Pasukan Sambut Wisman di Bali, Kapolri: Sebagai Gerbang Terakhir Tolong Disiplin

“Kita harus tunjukkan juga bahwa kita bisa mengelola lingkungan, yang paling gampang adalah sampah-sampah, harus bagus harus bersih,” ujar Mendagri.

Mendagri melanjutkan, penanganan sampah perlu dilakukan dengan kolaborasi berbagai pihak, serta dari hulu dan hilir. Hal ini membutuhkan koordinasi pemerintah pusat dan daerah.

Pos terkait