Peningkatan UMKM Menjadi Prioritas Musrenbang Kelurahan Selabatu

Momen foto bersama usai kegiatan Musrenbang di Kelurahan Selabatu Kota Sukabumi.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Guna untuk meningkatkan potensi pelaku UMKM di Kota Sukabumi, hal itu menjadi satu usulan prioritas dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Selabatu yang digelar pada Jumat, 15 Desember 2023 di Kantor Kelurahan.

Lurah Selabatu, Pebri Iriansyah mengatakan pelatihan lainnya yang menjadi prioritas pihak kelurahan adalah terkait percepatan penanganan stunting.

Dijelaskan oleh Lurah, secara keseluruhan terdapat lima usulan program pelatihan yang diajukan oleh masyarakat dalam Musrenbang. Tujuan diadakan Musrenbang itu untuk merumuskan bahan perencanaan program kerja Pemerintah Kota Sukabumi tahun 2025.

Baca juga:  Pemdes Puncak Manggis Gelar Musrenbang, Ini Prioritas Pembangunan dalam RKP

“Adapun lima usulan tersebut diantaranya adalah perbaikan gorong-gorong dan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT),” jelas Pebri.

Selain usulan kegiatan pelatihan, pada Musrenbang Kelurahan Selabatu itu juga menghimpun lima usulan kebutuhan infrastruktur dengan skala prioritas untuk penanganan kebencanaan.

“Untuk usulan itu terdiri dari 5 kegiatan fisik dan 5 non fisik. Fisik juga kami prioritaskan sekaitan dengan antisipasi bencana. Ya itu terdiri dari perbaikan gorong-gorong, jalan dan pembangunan TPT,” jelasnya.

Baca juga:  Muhammad Raafi, Pelajar Kota Sukabumi Raih Juara 1 Lomba Pupuh FTBI Tingkat Jabar

Terkait usulan pada Musrenbang terdahulu yang belum sempat terealisasikan, Lurah Selabatu menerangkan juga soal Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) yang telah mengusulkan untuk membuat daftar yang memuat berbagai usulan yang belum terealisasi hingga saat ini.

“Tahun ini sesuai dengan kesepakatan bersama, hampir semua usulan baru tapi kami sudah sampaikan kepada SKPD. Kami evaluasi usulan tahun 2022. Dan itu berdasarkan usulan Bappeda akan diusulkan, kami akomodir dengan adanya formulir untuk mengusulkan kembali yang belum terealisasi,” pungkasnya.**

Baca juga:  Enam Prioritas Pembangunan Daerah Ini Paparan Bupati Pada Musrenbang RKPD 2025

Pos terkait