Pokdarwis Minajaya Surade Sukabumi Fasilitasi Opak Mumun

LINGKARPENA.ID | Di acara Kopi darat (Kopdar) dan Anniversary ke 2 Komunitas Asumsi Korwil 3 Pajampangan, yang digelar di Kawasan Muara Cipamarangan Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (4/5/2024), ada sesuatu yang menarik untuk dikuak.

Di pinggiran lapang tempat perhelatan acara Anniversary Asumsi digelar, diantara deretan tenda pedagang, ada satu tenda milik Pokdarwis Minajaya Beach. Di tenda itu, tersusun kemasan makanan beragam jenis dan bentuk.

Di sana dijual aneka makanan olahan rumahan hasil warga Kp. Cijemlong RT 02/01, Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Sukabumi. Dari sederet itu ada dua jenis yang menarik yakni Opak Mumun.

Baca juga:  Wabup Sukabumi Hadiri Panen Jamur di Nyalindung Sukabumi

Opak Mumun ? Julukan itu melekat pada makanan berbahan dasar beras ketan hasil olahan warga Kampung Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Sukabumi ini. Dilihat dari bentuknya tak ada beda dengan opak pada umumnya. Namun yang membuat Opak Mumun digandrungi banyak orang karena cita rasanya yang khas.

Opak Mumun ini pada bulan puasa menjelang lebaran selalu diburu orang untuk dijadikan kudapan pelengkap. Atau pada bulan bulan tertentu, warga selalu memburunya untuk makanan acara hajatan pernikahan atau sunatan..

Baca juga:  Wapres Minta Kemendag dan Kantor Perwakilan di Luar Negeri Gencarkan Promosi Fesyen Muslim di Mancanegara

Ketika lingkarpena.id mencoba mencari tahu rahasia apa yang dipegang, Mumun sang pembuat merendah dan mengaku, kalau resepnya sama dengan para pembuat opak lainnya. Tapi setelah dikulik, resep rahasiannya adalah dari bahan baku dan jumlah kelapa untuk bumbunya harus duakali lipat.

Melihat peluang pasar pada Opak Mumun, Pokdarwis Minajaya Beach peka pada peluang dan memfasilitasinya, mengambil Opak Mumun dari pembuat untuk dijual ke umum, alhasil banyak pengunjung di Acara Anniversary Asumsi yang membeli Opak Mumun di stand Pokdarwis Beach.

Baca juga:  Ketum Apersi Lantik Pengurus Korwil Sukabumi-Cianjur Sekaligus Gelar Properti Ekspo 2023 di GOR Merdeka

“Saya penyuka opak. Opak dari daerah mana pun yang ada di Pajampangan, saya pernah mencicipi, tapi opak ini ada kelebihan, cita rasanya luar biasa,” jelas Wahyu warga Jampangkulon.

Diketahui, Pokdarwis Minajaya Beach, Desa Buniwangi Kecamatan Surade, meskipun usianya belum genap setahun namun eksistensinya patut diacungi jempol. Serangkaian kegiatan plus selalu diikutinya, umpama giat bersih bersih pantai Minajaya berkolaborasi bareng Ormas Manggala Garuda Putih.

Pos terkait