Puluhan Meter Jalan Amblas di Sukabumi, Ini Penyebabnya

Begini kondisi jalan pasca amblas di Sukabumi.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Dampak cuaca ekstrim yang melanda kabupaten Sukabumi akhir akhir ini mengakibatkan jalan kabupaten ruas Bagbagan – Warungkiara menghubungkan kecamatan Simpenan dan Warungkiara amblas.

Dari informasi didapat, jalan amblas diawali pondasi penahan tanah yang tergerus longsor, Sabtu, 7 Maret 2024 lalu, hingga akhirnya Jumat, (15/3) sekitar pukul 11.30 Wib jalan penghubung tiga desa yakni desa Cibuntu, Mekarasih dan Mekarsari tidak bisa di lalui kendaraan roda empat.

Baca juga:  Pergerakan Tanah di Cibatu Cikembar, Dua Rumah

Kondisi jalan saat ini mengalami rusak berat, seperti diungkapkan Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan Simpenan Dandi Sulaeman dimana jalan ambals sekitar 2 meter, dengan lebar amblas 2 meter dan panjang jalan yang amblas sekitar 30 meter.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa jalan amblas tersebut, namun kendaraan roda empat tidak bisa melintas.

Baca juga:  Banjir Bandang di Cicurug Sukabumi, 200 KK Terancam

“Kendaraan roda dua bisa melintas hanya memang harus ekstra hati hati,” ungkap Dandi.

“Sebelumnya memang pada pekan lalu, sudah tergerus bagian pondasi penahan tanahnya lebar 80 Cm dan panjang yang tergerus 30 meter,” jelasnya.

Kebutuhan mendesak saat ini kata Dandi lagi, pengkajian dam juga merelokasi atau membuat jalan baru agar warga tiga desa yang setiap hari melintasi jalan tersebut dapat beraktivitas dengan nyaman.

Baca juga:  Kapolda Jatim: Cek Lokasi Kapal Sungai Tenggelam dan Terjunkan Tim Pencarian di Rengel Tuban

“Sementara dilokasi sudah dipasang garis line atau pembatas jalan oleh dinas PU, tadi tim gabungan dipimpin pak Camat sudah melakukan pngecekan dan pendataan sebagai upaya penanganan sementara,” tandasnya.

Pos terkait