Rumah Ambruk di Simpenan, Lansia Tertimpa Runtuhan

Begini kondisi rumah dapur Mak Emun warga Simpenan Sukabumi usai diterjang angin kencang dan guyuran hujan.| Foto: P2BK

LINGKARPENA.ID | Sebuah rumah milik seorang Janda Lansia, Emun (55) warga Kampung Cibitung RT 06/02 Desa Cihaur, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, ambruk dan menimpa pemiliknya pada Jumat, 19 Januari 2024.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 13:00 waktu setempat dan sempat menimpa pemilik rumah. Ambruknya rumah Emun, sebelumnya akibat guyuran hujan deras sejak kamis malam.

Berdasarkan laporan petugas penanggulangan bencana kecamatan (P2BK) Simpenan, Dandi Sulaeman, dalam keterangannya yang disampaikan Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Sukabumi menyampaikan, rumah yang mengalami ambruk terdapat pada bagian dapur.

Baca juga:  Polsek Canangkan 15000 Dosis Vaksin

“Sebelumnya diguyur hujan sejak Kamis malam dan sampai saat ini juga angin kencang. Saat itu Mak Emun berada di dalam dapur, tiba-tiba bangunan ambruk dan sebagian menimpa korban. Lalu ia teriak manggil anaknya. Terdapat luka pada tangan korban,” ujar Dandi dalam keterangannya.

Diketahuia luas bangunan tersebut dengan ukuran 4 x 6 meter persegi. Sementara kerusakan fasilitas seperti peralatan dapur kompor dan lainnya karena tertimpa material bangunan.

Baca juga:  Mobil Ringsek Dihantam KA Pangrango di Cijalingan

“Untuk kerugian materi atas peristiwa ambruknya atap dapur korban masih dalam kajian pihak pemerintah desa setempat,” tambahnya.

Diketahui rumah tersebut dihuni oleh 3 jiwa, Mak Emun dan anaknya. Atas bencana itu dibutuhkan yang bersifat segera material bangunan seperti kayu, kaso dan terpal serta material bangunan lainnya.

Pihak dari unsur Muspika Kecamatan Simpenan beserta relawan lainnya setelah melakukan asessment dan membersihkan puing-puing bangunan juga memberikan himbauan kepada warga sekitar agar tetap meningkatkan kewaspadaan.

Baca juga:  Cuaca Ekstrem Rumah Lansia di Gunungguruh Sukabumi, Ambruk

“Puing-puing bangunan sudah kami bersihkan dan Mak Emun juga langsung mendapatkan penanganan terkait luka yang dialaminya,” pungkasnya.**

Pos terkait