SK Fordas Korwil Kabupaten dan Kota Sukabumi Resmi Ditandatangani pada FGD Pengelolan DAS

Neneng Nurbaeti saat menerima SK Forum Komunikasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (FKPDAS) Kabupaten dan Kota Sukabumi, pada acara Fokus Group Discussion (FGD) di Aula Hotel Taman Sari Cikole Kota Sukabumi. Rabu (26/07/2023).| istimewa

LINGKARPENA.ID | Masa jabatan ketua Forum Komunikasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (FKPDAS) Kabupaten dan Kota Sukabumi untuk priode 2018-2023 dikukuhkan. Kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) tersebut berlangsung di Aula Hotel Taman Sari, Cikole, Kota Sukabumi, Rabu (26/07/2023).

Kepala bidang pengelolaan aliran sungai Provinsi Jawa Barat, Irawan mengatakan, dengan terbentuknya FKPDAS ini diharapkan menjadi energi baru. Sebab dengan melibatkan berbagai elemen, baik itu unsur pemerintah, pengusaha, akademisi, media dan organisi kemasyarakatan dalam Pentahelix ini bisa berkontribusi banyak terhadap pengelolaan aliran sungai.

Baca juga:  Bupati Marwan Berikan Cenderamata di Pisah Sambut Dandim 0607 Sukabumi

Selain itu, kata Irawan permasalahan dalam pengelolaan nantinya bisa digilir saja dan menyeleseikan permasalahan dihulu. Dia juga berharap dengan terbentuknya forum ini semua bisa menjadi mitra baik untuk selanjutnya bersama-sama mengevaluasi dan mengidentifikasi semua permasalah baik yang sudah maupun yang belum.

“Jadi intinya adanya pertemuan ini bisa menjadi sepirit baru untuk memicu semangat juang bagi teman-teman forum dilapangan lebih aplikatif lagi,” terang Irawan.

Baca juga:  Tunaikan Reses di Kecamatan Kebonpedes, Yudha: Ini Jadi Skala Prioritas

Sementara itu Neneng Nurbaiti selaku Ketua terpilih FKPDAS yang merupakan salah satu Dosen di UMMI Sukabumi. Neneng mengatakan, tentunya sangat bersyukur dengan dikukuhanya forum tersebut. Dengan begitu forum bisa bergerak lebih leluasa lagi untuk menjalankan kegiatan agar dapat terorganisir lebih baik.

” Ya setelah SK ini terbit tentunya kami seger menyusun program kerja. Ya ini merupakan upaya percepatan dalam penyelesaian permasalahan khususnya di lingkungan daerah aliran sungai, baik dari hulu sampai hilir,” ujar Neneng.

Baca juga:  Terminal Sukaraja Terendam Banjir, Begini Reaksi Wagra Pasar

“Kami bakal mendukung sepenuhnya program strategis pemerintah ini, ya baik pusat, provinsi maupun daerah. Tentunya bagaimana agar program bisa terlaksana tepat guna dan tepat sasaran sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” singkatnya.

Kegiatan FGD turut hadiri oleh, unsur Pentahelix Kabupaten dan Kota Sukabumi juga Satgas Konservasi Kabupaten Sukabumi dalam mempersatukan persepsi dalam Pengelolaan Daerah Aliran Sungai.

Pos terkait