Tagana Kota Sukabumi Siap Ikuti Pelatihan TRC dengan Basarnas Pos Palabuhanratu

Dua puluh anggota Tagana Kota Sukabumi siap diberangkatkan ke Palabuhanratu.| Foto: istimewa

LINGKARPENA.ID | Sejumlah anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Sukabumi siap diberangkatkan guna mengikuti pelatihan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang diadakan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sukabumi yang bekerja sama dengan Basarnas.

Pelatihan tersebut yang rencananya akan digelar selama dua hari pada tanggal 22 dan 23 November 2023 di Markas Basarnas Pos Pelabuantatu Kabupaten Sukabumi.

Menurut Ketua Forum Komunikasi Tagana Kota Sukabumi, Dede Kusweli mengatakan, pelatihan yang diikuti oleh 20 orang anggota Tagana ini, karena kota sukabumi merupakan wilayah rawan bencana. Sehingga dibutuhkan personil Tagana yang memiliki kemampuan dan kecakapan untuk melakukan penanganan ketika bencana terjadi.

Baca juga:  Majelis Ta'lim Masjid Besar At-taqwa Nagrak, Galang Donasi Korban Banjir

Sedangkan Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos, Abdul Muiz, ketika melepas para anggota Tagana untuk mengikuti pelatihan mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan serta pengetahuan Tagana dalam penanganan bencana.

“Tagana merupakan pilar sosial yang terkait dengan kebencanaan, oleh karena itu setiap personil diharapkan mempunyai skill, kompetensi yang mumpuni,” jelasnya.

Baca juga:  Meriahkan HUT Jabar Ke-77, Bank BJB Cabang Sukabumi Bagikan 2010 Porsi Nasgor

Abdul Muiz mengharapkan para peserta pelatihan dapat menyerap ilmu yang disampaikan oleh para narasumber dengan sebaik – baiknya sebagai bekal dalam menjalankan tugas kemanusiaan.

“Ya pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di Markas Basarnas Pos Pelabuan Ratu. Selama dua hari dan materi yang akan diberikan bakal dikoordinasi terlebih dahulu dengan Basarnas,” terangnya.

“Nanti kedepan ditahun berikutnya insyaallah kami juga akan bekerja sama dengan Basarnas terkait peningkatan kompetensi. Ya harapannya Tagana bisa lebih memahami tugas dan fungsi, mempunyai kecakapan yang lebih baik dan kompetensi yang diharapkan,” pungkasnya.**

Baca juga:  Respon Cepat Keluhan Warga, BPBD Kota Sukabumi Patut di Apresiasi

Pos terkait