Tersebar Ratusan Pohon di MA Bina Ikhwana Cidolog Ternyata Program Juna CDK Wilayah III Provinsi Jabar

LINGKARPENA.ID | Program Jumat Menanam (Juna) merupakan kegiatan rutinitas Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah III Provinsi Jawa barat Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Jenis pohon yang akan ditanam sebanyak 350 batang. Pohon terdiri dari buah-buahan dan kayu seperti buah Durian, Sirsak, Alpukat dan lainnya.

Program Juna tersebut merupakan program Kehutanan Rakyat, yang melibatkan Satgas konservasi Kabupaten Sukabumi dan Satgas konservasi tingkat Kecamatan Cidolog.

Baca juga:  Konvoi Kelulusan Pelajar, Kapolres Sukabumi Perintahkan Sweeping

“Kali ini sasaran, Juna kami menggandeng Madrasah Aliah (MA) Bina Ikhwan Desa Tegalega Kecamatan Cidolog. Ya tujuan kami memberikan edukasi pada tingkat pelajar,” ujar Drs. Uuh Suparman, M.Si., kepada LINGKARPENA.ID Jumat, (2/12/22).

Beliau itu diketahui sebagai Kepala CDK Wilayah III Provinsi Jabar Kota dan Kabupaten Sukabumi. Menurutnya Juna, sangat penting dimana penanaman pohon disetip wilayah dengan tujuan menjaga keseimbangan alam dalam kehidupan.

Baca juga:  Waketu Tidar Jabar Tinjau Panen Perdana Udang Galah di Pokdakan Barokah Cisarua Farm Sukabumi

Lanjutnya, Juna di tingkat sekolah sebagai upaya untuk menanamkan rasa kepedulian pada para siswa peduli terhadap alam sekitar lingkungan. Nantinya selain menjaga kelestarian dan ekosistem juga dapat menerapkan nilai ekonomi jika sudah terbentuknya hutan Rakyat.

“Ya kami berupaya mengajak secara bersama-sama membagun dari jati dirinya terdahulu untuk menanamkan rasa ingin menanam dan merawat. Terciptanya konservasi sukabumi melalui jati diri manusia itu sendiri jiwa-jiwanya harus dibangun dulu. Sehingga nanti mampu menciptakan suatu perubahan untuk Kabupaten Sukabumi kedeoan menjadi wilayah konservasi,” ungkapnya.

Baca juga:  Mediasi Kelompok Sejahtera Sadaya dan BBPAT, Sayyid Agiel: Kita Tunggu Realisasinya

Acara dihadiri unsur Forkopimcam, Jajaran CDK Wilayah III Provinsi Jabar, Direktur Gerakan Tanam Pelihara Pohon (GTPP) JUNA dan Jum’at Menanam, Sri Juni Lestari dan para Siswa MA Bina Ikhwan, kepala sekolah serta seluruh guru.

Pos terkait