Tumpeng HUT Pramuka ke 62 di Kabupaten Sukabumi

Bupati Marwan Hamami saat akan menerima potongan Tumpeng di HUT Pramuka ke 62 di Sukabumi | istimewa

LINGKARPENA.ID | Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami sekaligus Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi, menjadi Pembina upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke-62 tahun 2023.

Upacara Tingkat Kwartir Cabang Kabupaten Sukabumi tersebut berlangsung di lapang Sinagar Kecamatan Nagrak, Selasa 22 Agustus 2023.

HUT pramuka tahun ini mengusung tema “Dengan Peringatan Hari Pramuka Ke-62, Mari Kita Wujudkan sumber daya manusia Yang Profesional Dan Berwawasan Kebangsaan”.

Dalam kesempatan itu Bupati membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol. (Purn) Budi Waseso. Dalam kalimatnya menegaskan, “Sudah sepatutnya anggota gerakan Pramuka di seluruh Indonesia merasa bahagia dan bersyukur, karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana telah genap berusia 62 tahun”.

Baca juga:  Momentum Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Sukabumi Terima Penghargaan

Selain itu dimana pada tahun ini sekaligus memperingati 111 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1912.

“Ucap Syukur kepada Allah SWT, karena atas berkah-Nya, gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program-program pemerintahan, serta menangani pendidikan non formal dalam pembentukan karakter,”

Baca juga:  Diprotes Warga Akhirnya Muspika Lengkong Bubarkan Penambang Ilegal di HGU PT Naga Warna

Bupati mengatakan, tema utama peringatan Hari Pramuka menunjukkan semangat gerakan Pramuka untuk lebih meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional.

Untuk itu, dirinya berharap seluruh Kwartir di semua tingkatan, harus turut membantu peningkatan kualitas gugus depan yang berada di wilayah masing-masing,

Dikemukakan juga bahwa jumlah sumber daya manusia yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus dapat ditingkatkan.

Baca juga:  Pria Asal Cianjur, Hanyut di Aliran Sungai Cibubuay Sagaranten Sukabumi 

Berkaitan dengan hal tersebut, Kwartir Nasional menaruh perhatian pada peningkatan kualitas Gugus depan-Gugus depan Pramuka di mana pun berada.

Disampaikan pula, pada tahun ini akan dilaksanakan sejumlah kegiatan nasional. Diantaranya Raimuna Nasional, Perkemahan Bakti Satuan Karya (Pertisaka) Bakti Husada Tingkat Nasional, Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putri-Putra Nasional (Musppanitra) serta Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka di Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Pos terkait