Wabup Apresiasi Peran Penting KPM dalam Gerakan Pencegahan Stunting

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Soemantri saat memberikan Sertifikat pelatihan kepada salah satu anggota KPM di lokasi kegiatan.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, menyemangati para kader pembangunan manusia (KPM) yang telah mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas di Hotel Pangrango pada Jumat, 28 Juli 2023.

Apalagi menurut Wakil Bupati Sukabumi ini, tugas para KPM sangat luar biasa dalam mencegah stunting dan perlu diapresiasi.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Forum KPM ini. Mari para kader untuk terus menggelorakan semangat berjuang mencegah stunting,” ajaknya.

Pasalnya, perjuangan dalam mencegah stunting perlu kegigihan. Sebab, penanganan stunting tidak bisa hanya sekali.

“Penanganan stunting ini harus berkelanjutan. Maka dari itu, ikhtiarnya harus selalu gigih dan kuat,” ujarnya.

Baca juga:  Wabup Dampingi Pangkostrad Pada Penutupan Latihan Standarisasi Prajurit Kostrad Gelombang XIV

Oleh karena itu, H. Iyos bersyukur dengan adanya KPM ini. Sebab, dapat membantu pemerintah dengan terjun ke lapangan untuk mencegah stunting.

“Kami mohon bantuan KPM agar masyarakat di Kabupaten Sukabumi ini terbebas dari stunting. Sehingga, tercipta generasi penerus yang sehat dan hebat,” pintanya.

Berkaitan dengan stunting sendiri, Pemkab Sukabumi pun telah berupaya kuat. Hal itu dilakukan lewat berbagai program dan pendampingan terhadap orang-orang yang stunting.

“Kita ada Gadis (Gerakan Aksi Deteksi dan Intervensi Stunting) Sukabumi yang turunannya itu Roasting (Rabu Observasi dan Aksi Sinergi Penanganan Stunting). Lewat program ini, kita terjun ke desa untuk penanganan stunting,” ucapnya.

Baca juga:  Pengurus Harian SMSI Pusat Gelar Buka Puasa Bersama

Tak hanya itu saja, sejumlah anak yang menderita stunting pun mendapatkan gizi yang mencukupi lewat orangtua asuh. Orangtua asuh ini melibatkan perangkat daerah, perusahaan, hingga lembaga masyarakat.

“Dengan sistem begini, perkembangannya cukup bagus,” ungkapnya.

Ketua Forum KPM, Timan Sutiman, mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para kader. Apalagi, perjuangan kader dalam membantu pemerintah relatif berat.

Baca juga:  Jelang Tahun Politik, Iyos Minta ASN Pemkab Sukabumi Jaga Netralitas

“Pelatihan ini bertujuan untuk berjuang membantu desa hingga Pemkab Sukabumi agar angka stunting menurun. Selain itu, tidak ada lagi kasus stunting yang baru,” bebernya.

Pelatihan ini melibatkan 100 kader dari sejumlah desa di Kabupaten Sukabumi. Mereka diberikan berbagai materi selama dua hari, terhitung mulai 27 hingga 28 Juli 2023.

“Selama pelatihan ini, sejumlah pemateri yang berkompeten kami hadirkan untuk meningkatkan kompetensi para kader,” pungkasnya.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan sertifikat pelatihan kepada para kader oleh Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri.**

Pos terkait